Kompas TV nasional peristiwa

Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini Jumat 10 Mei, Mayoritas Kota Besar Cerah Berawan, Hujan Sedang

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 08:46 WIB
prakiraan-cuaca-bmkg-hari-ini-jumat-10-mei-mayoritas-kota-besar-cerah-berawan-hujan-sedang
Cuaca hari ini, cerah berawan. (Sumber: Freepik)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah berawan akan mendominasi sebagian besar kota besar di Indonesia pada hari ini. Informasi ini disampaikan melalui situs resmi BMKG di Jakarta, Jumat (10/5/2024).

Berdasarkan prakiraan BMKG, kota-kota seperti Banda Aceh, Bengkulu, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Samarinda, Tarakan, Denpasar, Kupang, Makassar, dan Manado akan mengalami cuaca cerah berawan sepanjang hari ini.

Sementara itu, Surabaya diprediksi akan cerah dengan suhu udara berkisar antara 27-33 derajat Celsius dan kelembapan 55-95 persen.

Di sisi lain, beberapa kota lain diperkirakan akan mengalami cuaca berawan, seperti Padang, Pontianak, Palangkaraya, Kendari, Manado, Ternate, dan Ambon.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: 20 Wilayah Diprediksi Alami Hujan Lebat dan Angin Kencang pada 9-10 Mei 2024

Hujan dengan intensitas ringan juga diprediksi akan turun di sejumlah daerah, termasuk Tanjung Pinang, Palembang, Pangkal Pinang, Bandung, Gorontalo, Mamuju, Makassar, Mataram, Manokwari, dan Jayapura.

Sementara itu, hujan dengan intensitas sedang diperkirakan akan melanda Medan, sedangkan hujan disertai petir berpotensi terjadi di Pekanbaru, Jambi, dan Banjarmasin.

Menurut Prakirawan BMKG Rif'at Darajat, kondisi cuaca di kota-kota besar di Indonesia dipengaruhi oleh keberadaan tiga sirkulasi siklonik di perairan utara Kalimantan Barat, Samudera Pasifik utara dari Papua, serta Laut Banda.

Selain itu, bibit siklon tropis 91P yang berada di sekitar Laut Arafuru juga berpeluang rendah menjadi siklon, sehingga berpotensi menyebabkan hujan sedang hingga lebat dan angin kencang di sekitar wilayah tersebut.

"Tiga sirkulasi siklonik di perairan utara Kalimantan Barat, kemudian Samudera Pasifik utara dari Papua serta Laut Banda,” kata Rif'at dikutip dari Antara, Jumat.

Baca Juga: Cuaca Panas, Jamaah Calon Haji Diminta Jaga Kesehatan




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x