Kompas TV nasional politik

Gerindra Buka Peluang Usung Nama Lain dalam Pilkada Jakarta di Luar Empat Nama yang Diusulkan

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 11:40 WIB
gerindra-buka-peluang-usung-nama-lain-dalam-pilkada-jakarta-di-luar-empat-nama-yang-diusulkan
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Wakil Komandan Echo (Hukum dan Advokasi) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman, di kantor Bawaslu Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyebut partainya membuka peluang untuk mengusung nama lain di Pilkada Jakarta 2024 selain empat nama yang sudah beredar di masyarakat. 

Diketahui, empat nama itu ialah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Sekretaris DPD Gerindra DKI Rani Maulani, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, dan Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Budisatrio Djiwandono. 

"Tapi ya tidak menutup kemungkinan nama yang akan dicalonkan dari Partai Gerindra di luar dari nama-nama yang diusulkan DPD," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (10/5/2024).

Baca Juga: Akhir Juni Gerindra Umumkan Calon Kepala Daerah yang Diusung di Pilgub DKI Jakarta 2024

Ia mengatakan keputusan mengenai siapa yang akan diajukan Gerindra sebagai calon gubernur Jakarta, diserahkan kepada Ketua Umum Prabowo Subianto. 

"Semua hak prerogatifnya ada di tangan Pak Prabowo Subianto. Kami menanti saja," ujarnya.

Habiburokhman menjelaskan, mekanisme pencalonan di Partai Gerindra adalah DPD menyampaikan usulan kepada DPP dan akhirnya diputuskan oleh Prabowo sebagai ketua umum. 

"Soal calon gubernur Jakarta, mekanisme diatur di Partai Gerindra adalah DPD yang terkait yaitu DPD DKI bisa mengusulkan kepada DPP lalu DPP menyampaikan kepada ketua dewan pembina ataupun ketum yaitu Pak Prabowo Subianto untuk diputuskan," katanya.

Baca Juga: Soal Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI, PDI-P Jakarta: Kalau Memang Niat Sekarang saatnya Daftar

 

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan pihaknya sudah mendapat beberapa nama yang diusulkan oleh DPD Gerindra DKI Jakarta untuk menjadi calon gubernur. 

Nama-nama yang diusulkan akan dibahas bersama DPP Gerindra dan Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Rencananya penggodokan nama calon kepala daerah dari Gerindra untuk Pilgub DKI Jakarta 2024 akan diumumkan akhir Juni 2024. 

"Insyaallah akhir bulan depan (diumumkan)," ujar Dasco saat ditemui di sela acara halalbihalal DPD Gerindra DKI, Kamis (9/5/2024), dikutip dari Kompas.com.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x