Kompas TV nasional politik

Usai Prabowo Sebut Ada yang Mengaku Bung Karno Milik 1 Partai, Politikus PDIP: Siapa yang Mengklaim?

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 16:23 WIB
usai-prabowo-sebut-ada-yang-mengaku-bung-karno-milik-1-partai-politikus-pdip-siapa-yang-mengklaim
Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno dalam dialog Sapa Indonesia Pagi, Kompas TV, Senin (4/3/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno menegaskan bahwa Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno merupakan milik seluruh rakyat Indonesia.

Hendrawan menyampaikan hal itu setelah Presiden terpilih RI Prabowo Subianto menyebut ada yang mengaku-ngaku bahwa Bung Karno milik satu partai tertentu.

Hendrawan mempertanyakan pihak yang mengklaim bahwa Bung Karno merupakan milik satu partai.

"Siapa yang mengklaim Bung Karno hanya milik satu partai? Bung Karno milik kita semua,” jelasnya kepada Kompas.com, Jumat (10/5/2024).

Baca Juga: Prabowo: Ada yang Ngaku-Ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai, Tidak, Milik Seluruh Rakyat!

“Beliau adalah proklamator kemerdekaan, bersama Bung Hatta. Bung Karno dan para pahlawan bangsa lainnya adalah milik bangsa Indonesia," tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa Partai Nasional Indonesia (PNI) yang didirikan oleh Bung Karno merupakan cikal bakal berdirinya Partai Demokrasi Indonesia (PDI)) yang kemudian menjadi PDIP.

Ia mengakui bahwa pemikiran Bung Karno menjadi pegangan bagi PDIP, namun bukan berarti PDI-P mengeklaim Bung Karno hanya milik partai tersebut.

"Jika kami selalu berpegang pada ajaran-ajaran Bung Karno dan menekankan pemikiran Soekarnoisme, itu karena panggilan sejarah, bukan karena klaim eksklusif terhadap Bung Karno," jelasnya.

Sehari sebelumnya, Kamis (9/5/2024), Prabowo dalam acara bimtek dan rakornas pilkada PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, menyebut ada yang mengaku-ngaku Bung Karno milik satu partai.

Baca Juga: Prabowo Ungkap Jokowi Perintahkan Menteri-Menteri Beri Data ke Dirinya

Prabowo kemudian menyebut bahwa Bung Karno merupakan milik seluruh rakyat Indonesia.

"Walaupun ada yang ngaku-ngaku kan selalu bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak. Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," ujar Prabowo.


 




Sumber : kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x