Kompas TV nasional peristiwa

Dalam Sehari, 2 Kecelakaan Bus Study Tour Terjadi di Jombang dan Lampung, 2 Orang Tewas

Kompas.tv - 22 Mei 2024, 15:56 WIB
dalam-sehari-2-kecelakaan-bus-study-tour-terjadi-di-jombang-dan-lampung-2-orang-tewas
Kondisi bus rombongan study tour asal Pesisir Barat yang kecelakaan masuk ke dalam jurang di tanjakan Sedayu, Kabupaten Tanggamus, Lampung. (Sumber: ANTARA/HO-Humas Polres Tanggamus)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kecelakaan bus yang membawa rombongan siswa terjadi di dua tempat dalam kurun waktu 24 jam, yakni di Tanggamus, Lampung, dan di Jombang, Jawa Timur.

Kecelakaan di Lampung terjadi di tanjakan Sedayu, Kabupaten Tanggamus, Lampung, saat bus rombongan study tour mengangkut siswa MIN 1 Pesisir Barat, Lampung.

"Benar, dini hari tadi sekitar pukul 01.30 WIB terjadi laka tunggal, di mana satu unit bus terperosok ke dalam jurang di tanjakan Sedayu," kata Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga: Kronologi Bus Rombongan SMP Tabrak Truk di Tol Jombang, 2 Orang Tewas

Rinaldo mengatakan bahwa bus itu membawa 41 orang, termasuk sopir, untuk melakukan study tour ke Bandar Lampung.

Bus tersebut masuk jurang saat melintas di tanjakan dan mengakibatkan enam orang penumpang luka-luka sehingga harus dilarikan ke puskesmas terdekat.

"Korbannya ada enam termasuk sopir. Saat ini masih dilakukan perawatan. Ada beberapa korban yang mengalami sejumlah patah tulang," ujarnya.

Saat ini, Satlantas Polres Tanggamus masih melakukan penyelidikan untuk mengusut penyebab kecelakaan tersebut.

Kecelakaan juga terjadi di Jombang, Jawa Timur saat bus pariwisata yang mengangkut siswa SMP PGRI Wonosari Malang melakukan perjalanan dari Yogyakarta ke Malang, Selasa (21/5/2024) malam.

Saat tiba di KM 695+400 Jalur A Tol Jombang-Mojokerto, bus bernopol W 7422 UP menabrak truk. Kanit 3 PJR Polda Jawa Timur AKP Yudiono mengatakan bahwa kecelakaan terjadi diduga karena sopir mengantuk.

"Setibanya di Km 695+400, pengemudi diduga mengantuk sehingga tidak bisa menguasai kemudi sehingga oleng ke kiri," kata AKP Yudiono dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga: Rombongan Study Tour SMP PGRI 1 Wonosari Kecelakaan, Bus Ringsek 2 Tewas Belasan Terluka

Kecelakaan tersebut mengakibatkan dua orang meninggal dunia, yakni kenek bus yang bernama Edy Sulistiyono (46), dan Edy Crisna Handaka (62), salah satu guru yang ikut dalam rombongan.

Selain itu, belasan korban luka dan puluhan lainnya selamat.


 

 



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x