Kompas TV nasional politik

Teka-Teki Sikap Politik PDI-P di Pemerintahan Prabowo-Gibran, Hasto: Tunggu Aspirasi Suara Ranting

Kompas.tv - 22 Mei 2024, 19:26 WIB
teka-teki-sikap-politik-pdi-p-di-pemerintahan-prabowo-gibran-hasto-tunggu-aspirasi-suara-ranting
Foto ilustrasi. Rombongan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memasuki lapangan untuk menghadiri acara konsolidasi partai yang dihadiri calon presiden Ganjar Pranowo di Stadion Jati Diri, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (25/8/2023). Publik masih menunggu dengan sikap politik PDI-P pada pemerintahan Prabowo-Gibran. (Sumber: KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto mengatakan, sikap politik partainya dalam pemerintahan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, masih menunggu aspirasi dari suara ranting. 

Hal itu disampaikan Hasto menanggapi pertanyaan awak media soal sikap politik PDI-P akan bergabung ke pemerintahan Prabowo-Gibran atau berada di luar pemerintahan. 

Ia mengatakan, pihaknya akan melibatkan jajaran Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) untuk ditugaskan menyerap suara arus bawah mengenai sikap yang harus diambil oleh partai. 

Baca Juga: PDIP Tidak Undang Jokowi di Rakernas, Ini Respons Pramono Anung

"Sikap politik terhadap pemerintahan yang akan datang. Di dalam pembahasan rapat pendahuluan termasuk melibatkan DPC dan DPD partai dalam rangka Rakernas ke lima PDI Perjuangan memberikan kesempatan bagi DPC dan DPD untuk menangkap suara arus bawah," kata Hasto kantor DPP PDI-P, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024). 

Ia menyebut, jika suara arus bawah sangat penting bagi PDI-P. Menurutnya, mereka nanti yang memegang peran penting dalam Rakernas ke-V partai ini. 

"Suara anak ranting, ranting, PAC dan DPC partai mereka lah yang nanti dalam Rapat Kerja Nasional ini memilki kedaulatan penuh untuk menyampaikan aspirasi," ungkapnya. 

Selain itu, kata dia, sikap politik partai akan melihat juga berbagai probelimatika yang dialami bangsa Indonesia. 

Namun ia kembali menegaskan, sikap politik partainya akan disampaikan menunggu dulu Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDI-P digelar. 

Baca Juga: Rakernas PDI-P, Gibran: Saya Akan Datang Kalau Diundang

"Rakernas belum dijalankan sehingga sikap politiknya tentu saja sebagai proses demokrasi harus menunggu pada saat rakernas itu berjalan," tandas Hasto Kristiyanto.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x