Kompas TV nasional politik

Sikap Politik PDI-P Mungkin Dibahas di Rakernas, tapi Keputusannya Bisa Jadi saat Kongres

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 05:15 WIB
sikap-politik-pdi-p-mungkin-dibahas-di-rakernas-tapi-keputusannya-bisa-jadi-saat-kongres
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di kantor PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sikap politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengenai akan bergabung atau tidaknya dengan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan dibahas dalam rapat kerja nasional (Rakernas) V yang dimulai Kamis (24/5/2024) besok, namun keputusannya bisa saja dilakukan saat kongres.

Penjelasan itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto saat konferensi pers di Kantor DPP PDI-P, Jakarta, Rabu (22/5) kemarin.

“Sikap politik partai terkait dengan hal tersebut akan menerima masukan di dalam rakernas, tetapi keputusan politik itu bisa dilakukan pada saat rakernas, bisa juga dilakukan pada saat kongres yang akan datang,” kata Hasto seperti dikutip dari laporan jurnalis KompasTV, Fadel Prayoga.

Ia menambahkan, secara empiris, sikap politik PDI-P mengenai posisinya di pemerintahan mendatang cenderung diputuskan dalam kongres partai.

Baca Juga: Respons Puan Maharani soal Jokowi Tak Diundang ke Rakernas PDIP 2024

“Kalau belajar dari kongres-kongres sebelumnya, karena ini merupakan hal yang sangat strategis, itu rata-rata ditetapkan di dalam kongres,” kata dia.

Meski demikian, menurut Hasto tidak menutup kemungkinan sikap politik mereka ditentukan dalam rakernas yang digelar akhir bulan ini.

“Rakernas yang mengemban nilai-nilai demokrasi tentu saja akan melihat sense of urgency (keterdesakan) dan sense of priority (rasa prioritas) terkait dengan sikap politik partai,” tambahnya.

Rakernas V PDI-P dijadwalkan erlangsung mulai Jumat (24/5) hingga Minggu (26/5). Menurut Hasto, salah satu hal yang dibahas adalah sikap politik PDIP terkait pemerintahan ke depan.

Baca Juga: Sekjen PDIP Hasto: Pertemuan Jokowi dan Puan di Bali Hanya Tugas Kenegaraan

Dalam rakernas itu, lanjut Hasto, DPP PDI-P memberi kesempatan bagi Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDI-P untuk menyampaikan aspirasi dari arus bawah.

“Mereka lah yang nanti di dalam rakernas ini memiliki kedaulatan penuh untuk menyampaikan aspirasinya, sehingga sikap-sikap politik tentu saja juga akan melihat bagaimana problematika yang dihadapi oleh rakyat, bangsa, dan negara,” ujar Hasto Kristiyanto.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x