Kompas TV nasional politik

PDIP Gelar Rakernas Hari Ini, Bahas Pilkada hingga Sikap Politik di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 10:45 WIB
pdip-gelar-rakernas-hari-ini-bahas-pilkada-hingga-sikap-politik-di-pemerintahan-prabowo-gibran
Komarudin Watubun dan Hasto Kristiyanto berpose bersama obor api abadi Mrapen, di lokasi Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta, Kamis (23/5/2024). (Sumber: Antara/Fath Putra Mulya)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - PDI Perjuangan atau PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada hari ini (24/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024). Salah satu yang dibahas yakni sikap politik pemerintahan Prabowo-Gibran.

Nantinya, Rakernas tersebut akan dibuka dengan pidato politik dari ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri serta Ketua DPP PDIP Puan Maharani. 

"Pertama akan disampaikan pidato politik Ibu Ketua Umum yang menjadi suatu arah kebijakan di dalam seluruh materi yang dibahas di dalam rakernas. Kemudian ada pengarahan dari ketua DPR RI, Mbak Puan," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Kamis (23/5/2024). 

Baca Juga: Megawati dan Puan akan Berpidato di Hari Pertama Rakernas PDI-P, Bakal Ada Pembekalan Juga

Rakernas ini juga menjadi momentum untuk mengevaluasi hasil Pileg dan Pilpres 2024, serta merumuskan sikap politik partai terkait konsolidasi menghadapi Pilkada Serentak 2024, dinamika politik nasional dan internasional, serta isu-isu pokok rakyat. 

Selain itu, Rakernas akan membahas strategi pemenangan Pilkada serentak yang akan berlangsung pada November 2024.

“Secara intens untuk merumuskan sikap-sikap politik partai berkait dengan konsolidasi partai di dalam menghadapi Pilkada serentak, sikap politik terkait dengan situasi dan dinamika politik nasional dan internasional, sikap politik terhadap berbagai persoalan pokok rakyat yang jelas direspon oleh PDI Perjuangan dan juga akan disampaikan sikap politik yang berkaitan dengan tantangan-tantangan demokrasi yang akan datang,” katanya.

Sebagai partai yang mengembangkan demokrasi yang berkarakter Indonesia, Rakernas V juga akan juga mendengarkan suara arus bawah yang disampaikan oleh DPC, DPD Partai. Termasuk bagaimana di dalam mensikapi pemerintahan yang akan datang. 

“Tentunya harus dilakukan dengan mendengarkan seluruh elemen-elemen partai yang hadir di dalam rapat kerja nasional kelima tersebut,” kata Hasto. 

Ia menegaskan, jika suara arus bawah sangat penting bagi PDIP. Menurutnya, mereka nanti yang memegang peran penting dalam Rakernas ke-V PDIP. 

"Suara anak ranting, ranting, PAC dan DPC partai mereka lah yang nanti dalam Rapat Kerja Nasional ini memilki kedaulatan penuh untuk menyampaikan aspirasi," ungkapnya. 

Ia mengatakan, sikap politik partai akan melihat juga berbagai probelimatika yang dialami bangsa Indonesia. 


"Rakernas belum dijalankan sehingga sikap politiknya tentu saja sebagai proses demokrasi harus menunggu pada saat rakernas itu berjalan," katanya. 

Baca Juga: Ketum Projo Budi Arie Sebut Jokowi Santai Tak Diundang ke Rakernas PDIP

Sebagai informasi, PDIP akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V Partai yang digelar pada 24-26 Mei 2024 mendatang di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.

Adapun Rakernas V PDIP ini mengambil tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x