Kompas TV nasional politik

PDIP soal Tak Undang Jokowi di Rakernas: Langgar Konstitusi dan Etika, Dia Bukan Keluarga

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 12:48 WIB
pdip-soal-tak-undang-jokowi-di-rakernas-langgar-konstitusi-dan-etika-dia-bukan-keluarga
Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (29/8/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDIP Djarot Saiful Hidayat menjelaskan alasan pihaknya tak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V pada 24-26 Mei 2024. 

Menurut dia, Presiden Jokowi sudah bukan lagi bagian dari keluarga partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut. Sebab, yang bersangkutan dinilai sudah melanggar konstitusi dan etika. 

"Apabila ada di antara kita anggota partai yang kemudian melanggar konstitusi, melanggar etika dan moral, maka dia sudah bukan menjadi bagian dari keluarga besar PDIP," kata Djarot di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024). 

Baca Juga: PDIP Gelar Rakernas V di Ancol Siang Hari Ini, 24 Mei 2024

"PDIP itu satu partai ideologis, di mana Ibu Megawati Soekarnoputri, selalu kokoh berdiri untuk menyuarakan kebenaran, untuk melaksanakan konstitusi dan ideologi," sambungnya. 

Djarot menyebut, tamu undangan Rakernas pada hari ini adalah para penegak demokrasi di Indonesia. 

"Oleh sebab itu, yang diundang adalah untuk internal partai, yag diundang adalah sahabat-sahabat para cendekiawan, para akademisi, para civil society, budayawan, masyarakat prodemokrasi yang betul-betul berjuang menegakkan demokrasi yang jujur, adil, yang konstitusional, yang bermartabat," katanya.

Diketahui, Presiden Jokowi memilih untuk bekerja di Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari ini, Jumat (24/5/2024). 

Namun  pada hari yang sama PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan tak mengundang Presiden Jokowi dalam agenda tersebut. 

Baca Juga: Jokowi Kerja di Yogyakarta Saat PDIP Gelar Rakernas Hari Ini

"(Presiden Jokowi) kegiatan internal di Istana Jogja," kata Plt Deputi Protokol dan Pers Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana kepada wartawan, Jumat (24/5/2024).


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x