Kompas TV nasional rumah pemilu

DPW PKS Jakarta Ungkap Alasan Usulkan Anies untuk Pilkada 2024: Rekam Jejak dan Dukungan Masyarakat

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 19:10 WIB
dpw-pks-jakarta-ungkap-alasan-usulkan-anies-untuk-pilkada-2024-rekam-jejak-dan-dukungan-masyarakat
Anies Baswedan berbicara dengan media di sela-sela acara halalbihalal yang diadakan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta membeberkan alasan mengusulkan Anies Baswedan sebagai kandidat calon gubernur Jakarta di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Menurut Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin, alasan pengusulan Anies adalah sederet prestasinya selama menjadi gubernur Jakarta pada periode 2017-2022.

“Alasan mengapa nama Anies Baswedan menjadi usulan DPW ke DPP, pertama karena rekam jejak, begitu banyak prestasi dan penghargaan beliau ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022,” ujarnya, Jumat (24/5/2024), dikutip Kompas.com.

Namun, ia tidak menjelaskan lebih detail mengenai prestasi dan penghargaan yang telah diraih oleh Anies.

Menurutnya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menerima banyak penghargaan di kancah nasional maupun internasional.

Baca Juga: Demokrat Pertimbangkan Sejumlah Nama untuk Pilkada Jakarta 2024: Anies Tidak Termasuk

“Banyak penghargaan yang beliau terima, baik nasional maupun internasional,” tambahnya.

Selain alasan rekam jejak, ia juga mengatakan Anies mendapatkan hingga 40 persen suara dari masyarakat DKI dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Alasan kedua, hasil Pilpres 2024 yang baru saja selesai. Beliau dapat 40 persen (di DKI), ini adalah dukungan murni dari seluruh pendukung Anies. Jadi beliau punya elektabilitas yang sangat tinggi,” tuturnya.

Khoirudin juga berpendapat Anies perlu melanjutkan kepemimpinannya di Jakarta karena masih banyak mimpi yang belum diwujudkannya selama menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

“Ketiga, beliau sudah bekerja membangun Jakarta selama lima tahun, seandainya dua periode atau 10 tahun pasti lebih baik, karena banyak agenda yang beliau impikan untuk membangun Jakarta,” kata dia.

“Maju kotanya, bahagia warganya belum selesai dalam satu periode kemarin,” tegasnya.

Baca Juga: PImpinan Pusat PKS Tegaskan Belum Pasti Usung Anies di Pilkada Jakarta, Tunggu Keputusan

Sebelumnya diberitakan, DPW PKS Jakarta mengusulkan nama Anies sebagai kandidat calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024 ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS.

Namun, Anies bukan satu-satunya nama yang diusulkan. Menurut Khoirudin, ada tiga tokoh internal PKS yang diusulkan ke DPP sesuai hasil rapat di DPW PKS Jakarta.

“Selain Pak Anies, ada tiga nama kader PKS yang juga dikirim ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS, yakni Mardani Ali Sera, Mohamad Sohibul Iman, dan saya sendiri, Khoirudin, selaku Ketua DPW PKS DKI Jakarta,” ucap dia.


 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x