Kompas TV nasional politik

Peringati Hari Lahir Pancasila, Anies Ingatkan soal Pemikiran Bung Karno

Kompas.tv - 1 Juni 2024, 22:50 WIB
peringati-hari-lahir-pancasila-anies-ingatkan-soal-pemikiran-bung-karno
Anies Baswedan berbicara dengan media di sela-sela acara halalbihalal yang diadakan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh hari ini, Sabtu (1/6/2024), mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan kembali soal pemikiran-pemikiran Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno.

"Momentum hari ini, Hari Lahir Pancasila, mari gunakan untuk membaca kembali pemikiran Bung Karno dan juga para pendiri bangsa lainnya, merenungi cita-cita yang mereka idamkan untuk bangsa yang besar ini. Selamat Hari Lahir Pancasila," kata Anies lewat akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Sabtu (1/6/2024).

Baca Juga: DPW PKS Jakarta Masih Tunggu Keputusan DPP soal Pengusulan Nama Anies untuk Pilkada Jakarta 2024

Ia mengingatkan soal pidato Bung Karno dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945 silam. Ketika itu, kata Anies, Bung Karno menyampaikan empat prinsip dasar negara.

"Sering kita mengingat Bung Karno hanya pada prinsip pertamanya, yaitu Kebangsaan Indonesia atau nasionalisme," tuturnya.

Namun sesungguhnya, kata Anies, dalam pidato tersebut, Bung Karno langsung melanjutkan prinsip pertama itu dengan prinsip lainnya, yaitu prinsip internasionalisme atau humanisme, prinsip mufakat atau demokrasi, dan prinsip kesejahteraan sosial.

Ia kemudian menarik kesimpulan bahwa peduli pada peran Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia, memastikan segala bangsa telah meraih hak kemerdekaannya adalah juga amanah Pancasila.

Baca Juga: PDIP Bicara soal Kans Usung Anies di Pilgub Jakarta 2024, Begini Katanya

"Menjaga tegaknya prinsip-prinsip demokrasi juga amanah Pancasila,” tulisnya.

“Mendorong negara menghadirkan keadilan sosial dalam segala kebijakannya juga amanah Pancasila, amanah Bung Karno," katanya menegaskan.


 



Sumber : KOMPAS TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x