Kompas TV nasional politik

Sebut Tak Masalah Jika Anies Maju Pilkada Jakarta, Golkar: Bukan Siap Melawan, Siap Mengungguli

Kompas.tv - 4 Juni 2024, 18:42 WIB
sebut-tak-masalah-jika-anies-maju-pilkada-jakarta-golkar-bukan-siap-melawan-siap-mengungguli
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (29/8/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV – Partai Golongan Karya (Golkar) memastikan tidak ada masalah jika Anies Baswedan kembali maju di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengatakan itu merupakan hal yang biasa dalam politik. Ia bahkan menyebut pihaknya siap mengungguli Anies.

"Ya dalam politik itu kan pertarungan bebas, saya pikir enggak ada masalah dengan Pak Anies maju atau tidak. Ya namanya juga pertarungan ya, dalam politik itu biasa ya," kata Lodewijk di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

"Ya bukan siap melawan, siap mengungguli (Anies)."

Baca Juga: Gerindra Tidak Tertarik Usung Anies-Kaesang di Pilkada Jakarta 2024

Namun demikian, kata Lodewijk, hingga kini pihaknya belum memutuskan apakah akan mengusung Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta atau Jawa Barat.

Ia menjelaskan, peluang Ridwan Kamil untuk memenangkan pilkada akan lebih tinggi jika maju di Jawa Barat sebagai petahana. Apalagi, Lodewijk menyebut, hasil survei Ridwan Kamil di Jabar masih bagus.

"Kemudian bagaimana beliau (Ridwan Kamil) di Jakarta? Nah spanduknya kan balihonya ada masih OTW. Jadi, kita lihat saja nanti, karena Golkar kita sudah evaluasi untuk survei pertama ya,” ucapnya.

“Kita akan lanjut pada survei kedua, dan kita pada orang-orang tertentu kita memberikan surat perintah yang sudah mendekati seperti surat keputusan."

Oleh sebab itu, lanjut dia, Golkar masih mengevaluasi apakah Ridwan Kamil akan maju di Jakarta atau Jabar. Pihaknya juga menunggu keputusan Ridwan Kamil.

"Karena di lapangan kan masih cair banget ya, di mana kira-kira Pak RK mau diletakkan, apakah di Jawa Barat atau di DKI. Kita masih menunggu," ujar Lodewijk.

Sebelumnya, usai menghadiri acara halal bihalal dan silaturahmi PKL dan warga kampung Jaringan Rakyat Miskin Kota di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (19/5/2024), Anies menyampaikan akan mempertimbangkan untuk kembali maju di Pilkada Jakarta.

Baca Juga: Kata Peneliti BRIN Soal Putusan MA Menantang Anies Baswedan yang Tengah Gerilya di Pilkada Jakarta

Dalam kesempatan tersebut, Anies didesak oleh Jaringan Rakyat Miskin Kota untuk kembali mengurus DKI Jakarta.

"Kami siap dukung penuh untuk memenangkannya," seru perwakilan Jaringan Rakyat Miskin Kota, Sugiarti saat membacakan pernyataan sikap.

Anies kemudian menjawab bahwa ia sedang mempertimbangkan maju kembali di Pilkada Jakarta.

"Nah jadi tadi disampaikan pernyataan dukungan kami. Saya ngomong sama Bapak/Ibu, memang saya mendapatkan undangan dari parpol-parpol, ditawarkan, diminta untuk dicalonkan jadi gubernur. Saat ini saya sedang mempertimbangkan. Apakah kembali atau tidak," ujar Anies.



Sumber : kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x