Kompas TV nasional hukum

Staf Hasto Kristiyanto Sambangi Bareskrim, Laporkan Penyidik KPK soal Penyitaan Barang

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 18:50 WIB
staf-hasto-kristiyanto-sambangi-bareskrim-laporkan-penyidik-kpk-soal-penyitaan-barang
Staf Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi (kanan), saat di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (13/6/2024). (Sumber: KOMPAS.com/Rahel.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Staf Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi, bersama kuasa hukumnya menyambangi Bareskrim Polri pada hari ini, Kamis (13/6/2024).

Kedatangannya untuk melaporkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan tindak pidana perampasan kemerdekaan dan barang milik pribadinya serta barang milik Hasto.

"Hari ini Pak Kusnadi akan melaporkan oknum penyidik KPK yang bernama Rosa Purbo Bekti dan kawan-kawan atas dugaan tindak pidana perampasan kemerdekaan dan perampasan barang milik pribadi dan barang milik Pak Hasto Kristianto," kata kuasa hukum Kusnadi, Petrus Selestinus, di Bareskrim, Kamis.

“Kenapa dilaporkan ke Bareskrim? Karena apa yang diduga sebagai peristiwa pidana pada tanggal 10 Juni kemarin di KPK itu adalah tindak pidana umum."

Seperti diketahui pada Senin (10/6), Kusnadi digeledah penyidik KPK ketika Hasto menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus Harun Masiku.

Tak hanya itu, penyidik KPK juga disebut menyita sejumlah barang milik Kusnadi dan Hasto, salah satunya handphone.

Lebih lanjut, Petrus menyebut pihaknya bersama Kusnadi turut membawa sejumlah barang bukti, seperti berita acara penyitaan, berita acara penggeledahan, dan surat tanda terima barang-barang yang disita.

“Nah yang menjadi soal di sini, sekalipun ada berita acara penggeledahan, berita acara penyitaan, dan tanda terima. Tapi yang jadi permasalahan, pertama penyidik Rosa Purbo Bekti penyidik KPK ini, ketika bertemu dengan Kusnadi, tidak pernah memperkenalkan identitasnya secara lengkap,” jelasnya.

"Standar kerja polisi entah dia penyidik atau bukan penyidik, ketika bertemu masyarakat saat menjelaskan tugasnya, identitas diri dia harus dijelaskan terlebih dahulu."

Baca Juga: Staf Hasto Minta KPK Jadwalkan Ulang Pemeriksaan, Kuasa Hukum Sebut Masih Trauma

Namun pada saat penggeledahan pada Senin, Petrus menyebut penyidik Rosa tak memperkenalkan diri saat meminta Kusnadi menemui Hasto di ruang pemeriksaan.



Sumber : Kompas TV/Youtube Kompas.com/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x