Kompas TV nasional politik

Golkar Harap Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jawa Barat, Gerindra dan Demokrat Ingin di Jakarta

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 09:29 WIB
golkar-harap-ridwan-kamil-maju-di-pilkada-jawa-barat-gerindra-dan-demokrat-ingin-di-jakarta
Baliho Ridwan Kamil yang memunculkan tulisan OTW Jakarta menjadi pembicaraan viral di media sosial. Ada yang mengasumsikan Baliho Ridwan Kamil sinyal untuk maju di Pilkada DKI November 2024, tetapi lewat akun Instagram pribadinya Ridwan mengklarifikasi baliho tersebut bukan untuk sosialisasi menuju Pilkada serentak 2024, Rabu (29/2/2024). (Sumber: Instagram Ridwan Kamil)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

KOMPAS.TV – Partai Golongan Karya (Golkar) selaku partai politik yang menaungi mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ingin agar Kang Emil, sapaan akrabnya,  maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024.

Namun, sejumlah partai politik lain yang merupakan anggota Koalisi Indonesia Maju, yakni Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Demokrat berharap Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta.

Partai Golkar berniat mengusung Ridwan kamil di Pilkada Jawa Barat degan pertimbangan hasil survei yang masih tinggi di wilayah itu.

Ridwan Kamil yang dianggap sudah berjalan baik saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dari 2018-2023.

"Itu diharapkan oleh masyarakat Jawa Barat. Artinya di survei masih yang paling tinggi," kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia pada Minggu (16/6/2024) lalu dikutip Tribunnews.com.

Selain itu, elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta dinilai masih kalah dengan Anies Baswedan yang berstatus petahana. Anies merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta pada periode 2017-2023.

Baca Juga: Nama Ilham Habibie, Ridwan Kamil Hingga Bima Arya Mencuat Jadi Kandidat di Pilkada Jabar

Menurut Ahmad Doli, elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta berada di peringkat ketiga.

"Jadi buat Golkar lebih ideal Ridwan Kamil di Jawa Barat," tegasnya.

Terpisah, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyebut pihaknya masih terus melakukan evaluasi hingga bulan Juli mendatang.

“Sesuai dengan apa yang kesepakatan kita akan terus evaluasi sampai dengan bulan Juli, tentu akan evaluasi siapa yang akan maju dan sebagainya, kita tunggu survei juga,” katanya di Kantor DPP Partai Golkar, Senin (17/6/2024) dikutip dari Kompas.com.



Sumber : tribunnews.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x