Kompas TV nasional peristiwa

Masjid Istiqlal Sembelih 72 Hewan Kurban, Sapi Milik Jokowi yang Pertama

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 11:22 WIB
masjid-istiqlal-sembelih-72-hewan-kurban-sapi-milik-jokowi-yang-pertama
Sapi kurban milik Presiden Jokowi saat akan disembelih di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (18/6/2024). (Sumber: Kompas.com/Shela Octavia)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masjid Istiqlal, Jakarta, mulai melakukan penyembelihan hewan kurban Iduladha 1445 H/2024 pada hari ini, Selasa (18/6/2024).

Pemotongan hewan kurban tersebut telah dilaksanakan sejak pukul 07.30 WIB.

Juru bicara (jubir) Masjid Istiqlal, Ismail Cawidu, menyebut terdapat 72 hewan kurban yang disembelih.

"Hari ini ada 60 ekor sapi yang masuk ke panitia kemudian 12 ekor kambing," kata Ismail, Selasa, seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV, Dian Silitonga.

Dia mengatakan hewan kurban yang disembelih pertama adalah sapi berjenis Simmental milik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kemudian dilanjut dengan penyembelihan sapi milik Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang berjenis jenis Limosin.

"Hari ini kita sudah mulai melaksanakan penyembelihan hewan kurban dimulai dari sapi Bapak Presiden kemudian diikuti sapi Bapak Wakil Presiden, dan seterusnya," ujarnya.

Ia menyebut daging dari hewan kurban yang disembelih di Masjid Istiqlal nantinya akan dibagikan kepada 25 ribu penerima.

"(Hewam kurban) akan didistribusikan kepada 225 proposal kalau dihitung jumlah jiwanya ada 25.000. Kita berusaha untuk membagi secara proporsional dan mudah-mudahan mereka bisa mendapatkan semua," jelasnya.

Adapun pembagian hewan kurban di Masjid Istiqlal diprioritaskan untuk yatim piatu, rumah tahfidz, dan warga sekitar masjid.

Baca Juga: Presiden dan Wakil Presiden Serahkan Sapi Kurban Seberat 1 Ton ke Masjid Istiqlal

Seperti diketahui, pada Iduladha tahun ini, Masjid Istiqlal banyak menerima hewan kurban, termasuk dari para tokoh politik hingga pejabat tinggi negara.

Selain Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan yang juga Presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto, dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, juga menyerahkan hewan kurban mereka kepada Masjid Istiqlal.

Ada pula sapi milik Kapolri Jenderal Listyo Sigit serta Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. 

Selain dari para tokoh tersebut, pada Iduladha tahun ini, Masjid Istiqlal juga menerima sapi kurban dari kelompok non-muslim, di antaranya dari komunitas Tionghoa dan pengurus Gereja Katedral.

“Yang menarik justru kawan-kawan juga memberikan sedekah ya dari kelompok non-muslim. Ada dari katedral sapinya besar, kemudian juga ada dari rekan-rekan kita dari komunitas Tionghoa,” ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Senin (17/6/2024), dikutip dari Kompas.com.

Ia pun menilai pemberian hewan kurban tersebut adalah wujud solidaritas dan kepedulian terhadap sesama di tengah momentum Iduladha 1445 Hijriah.

Baca Juga: [FULL] Kata Wapres Ma'ruf Amin Usai Gelar Salat Iduladha di Masjid Istiqlal Jakarta


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x