Kompas TV nasional rumah pemilu

Politikus Gerindra: Jakarta Butuh Pemimpin yang Bisa Lakukan Hal Teknis dan Bersinergi dengan Pusat

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 11:44 WIB
politikus-gerindra-jakarta-butuh-pemimpin-yang-bisa-lakukan-hal-teknis-dan-bersinergi-dengan-pusat
Politikus Partai Gerindra dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Selasa (18/6/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Politikus Partai Gerindra Ahmad Riza Patria berpendapat Jakarta membutuhkan pemimpin yang mampu melakukan hal-hal teknis dan bisa bersinergi dengan pemerintah pusat.

Ia mengatakan Gerindra mempertimbangkan untuk mengusung politikus Partai Golkar yang juga mantan Gubernur Jawa Barat dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam Pilkada Jakarta 2024.

Riza menilai Emil, panggilan Ridwan, cocok menjadi gubernur Jakarta dengan pengalamannya memimpin Jawa Barat dan Bandung.

“Kang Emil sangat mungkin menjadi calon gubernur di DKI Jakarta karena beliau kan pernah jadi wali kota di Bandung, pernah jadi gubernur di Jawa Barat selama satu periode,” ucap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu dalam Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Selasa (18/6/2024).

Baca Juga: Golkar Harap Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jawa Barat, Gerindra dan Demokrat Ingin di Jakarta

“Saya pribadi melihat beliau ini kan engineer (insinyur) ya, arsitek. Jakarta ini membutuhkan pemimpin yang tidak hanya memiliki visi atau visioner tapi juga pemimpin yang mampu menyusun program yang strategis dan taktis, mampu men-delivery.”

Jakarta, kata Riza, juga membutuhkan pemimpin yang mampu melaksanakan hal teknis, terlebih dalam lima tahun ke depan ada pemindahan ibu kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kerja-kerja tenis juga dibutuhkan di DKI Jakarta, apalagi lima tahun ke depan ini salah satu yang penting adalah proses pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN.”

“Di samping itu juga kita harapkan pemimpin ke depan bisa linier atau sejalan dengan program-program pemerintah pusat, dan Kang Emil juga saya yakini punya kemampuan yang baik sebagai Gubernur Jakarta,” bebernya.

Namun, Riza mengatakan keputusan akhir soal siapa yang akan diusung Gerindra dalam Pilkada Jakarta 2024, ada di tangan DPP.

“Jadi kami di DKI ini menyerahkan sepenuhnya ke DPP Partai Gerindra.”

“Memang sempat ditanya siapa, kami usulkan awalnya empat nama, Budi Djiwandono, Mbak Rahayu Saraswati, Mbak Rani Maulani, dan saya sendiri Ahmad Riza Patria, kami serahkan ke DPP,” tuturnya.

Baca Juga: Anies Sebut Pikirkan Nasib Rakyat Jakarta Lebih Penting daripada Soal Siapa yang Ikut Pilkada

Tetapi, imbuh Riza, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kemudian menyampaikan partainya akan mengusulkan Ridwan.

“Itu kan tadi untuk calon gubernur maupun calon wakil gubernur yang diusulkan oleh Gerindra DKI, dan Prof Dasco sudah menyampaikan bahwa untuk calon gubernur kita mengusulkan Kang Emil.”


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x