Kompas TV nasional politik

Sebut Pengusungan Anies Merupakan Usulan dari Bawah, PKB: Banjir Makin Berkurang

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 12:42 WIB
sebut-pengusungan-anies-merupakan-usulan-dari-bawah-pkb-banjir-makin-berkurang
Ketua DPP PKB Daniel Johan dalam dialog Sapa Indonesia Pagi, Kompas TV, Selasa (18/6/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyerap aspirasi dari tingkat bawah sebelum mengusung Anies Baswedan untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua DPP PKB Daniel Johan dalam dialog Sapa Indonesia Pagi, Kompas TV, Selasa (18/6/2024).

Ia menjelaskan setelah menerima aspirasi dari tingkat wilayah, saat ini DPP melaui desk pilkada pusat sedang memproses dan menyusun jadwal uji kelayakan dan kepatutan (UKK).

“Sekarang ini juga sedang menysun jadwal UKK. Nanti kalau misalkan jadwal UKK sudah ada tentu akan disampiakan pada Pak Anies langsung dan itu menjadi salah satu proses,” tuturnya.

Baca Juga: Golkar Harap Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jawa Barat, Gerindra dan Demokrat Ingin di Jakarta

“Nah, nanti seperti apa final dari pemrosesan ini, kita tunggu hasilnya nanti.”

Saat ditanya pertimbangannya nama Anies dicalonkan kembali menjadi calon Gubernur Jakarta dari PKB, ia mengatakan bahwa ini adalah hasil dari rapat kerja konsolidasi desk pilkada PKB DKI.

“Jadi kita menyerap aspirasi mulai dari tingkat yang paling bawah, ranting, RT, RW, nah seluruh basis yang PKB dengarkan aspirasinya itu menginginkan kembali agar Pak Anies mencalonkan kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta yang berikutnya.”

“Kenapa? Karena danggap transformasi di Jakarta berlangsung dengan sangat baik dan lonjakan besar ya, yang paling dirasakan tentu penanganan banjir, karena di masa Pak Anies menjadi gubernur itu banjir semakin berkurang,” bebernya.

Saat ditanya mengenai wacana menyandingkan Anies dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), ia menyebut PKB terbuka pada seluruh usulan.

“Sebetulnya posisi PKB itu kan terbuka dengan seluruh usulan wakil dari nanti partai-patai yang akan mendukung dan bergabung ke dalam koalisi yang akan mendukung Pak Anies,” ucapnya.

“Waktu itu yang baru berkomunikasi adalah dengan PSI. Tentu PSI akan mengajukan Kaesang nanti, tentu posisi itu terbuka.”

Baca Juga: Eks Relawan Timnas AMIN Jalin Komunikasi dengan PDI-P, Usul Anies DIcalonkan di Pilkada Jakarta

PKB, lanjut dia,  bukan menjadi penentu segalanya, artinya pihaknya mendengarkan masukan dari partai-partai yang akan bergabung.

“Termasuk partai apa pun, misalkan nant mereka juga akan mengusulkan wakil.”

"Proses itulah yang nanti akan kita rembug bersama, kita akan musyawarahkan, kita akan melihat masing-masing keunggulan dari yang mereka usulkan,” tambahnya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x