Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Siap Dukung Siapa pun Kandidat KIM di Pilkada Jakarta 2024

Kompas.tv - 19 Juni 2024, 08:22 WIB
demokrat-siap-dukung-siapa-pun-kandidat-kim-di-pilkada-jakarta-2024
Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani. (Sumber: Dokumentasi Kamhar/Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrat menghormati keinginan Partai Golkar untuk mengusung kadernya, Ridwan Kamil, di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024, bukan di Pilkada Jakarta.

Namun, Deputi Bappilu DPP Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan pihaknya siap mendukung siapa pun figur yang akan didorong Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilkada Jakarta 2024, bahkan jika nantinya bukan Ridwan.

"Kami menghormati dinamika di internal Golkar. Namun bagi kami, apa pun nantinya yang menjadi keputusan KIM, akan kami dukung," kata Kamhar, Selasa (18/6/2024), dikutip Tribunnews.com.

Baca Juga: Ridwan Kamil Jadi Saingan Kuat Anies di Pilgub Jakarta, PKB: Nanti Kita Lihat Masyarakat yang Nilai

Meski demikian, ia menegaskan, hingga kini KIM hanya menjagokan satu nama untuk maju di Pilkada Jakarta, yakni Ridwan.

Partai Demokrat, lanjut dia, berkomitmen untuk menyelaraskan koalisi yang telah terbangun utamanya pada pemilihan gubernur.

“Dengan mengikhtiarkan sebanyak mungkin yang linear di KIM, terutama untuk daerah-daerah yang menjadi etalase dan barometer politik nasional seperti Pilkada Jakarta, Jawa Timur, dan lainnya," kata Kamhar.

Sebelumnya pengamat politik, Adi Prayitno, menilai partai-partai politik yang tergabung dalam KIM mulai tak satu napas terkait pilihan calon yang akan diusung di Pilkada Jakarta 2024.

Sebab, kata dia, Golkar cenderung memilih Ridwan untuk maju di Jawa Barat yang dinilai peluang menangnya lebih besar karena ia sebagai petahana di wilayah itu.

Baca Juga: Soal Bursa Pilkada Jakarta, Lingkar Madani: Masuknya Kaesang Pangarep Munculkan Sentimen

"Di KIM sendiri itu sebenarnya kelihatan mulai tidak satu nafas aspirasi politiknya. Golkar misalnya, kecenderungannya itu lebih condong untuk mengusung Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat, mengingat peluang menangnya itu jauh lebih besar ketimbang maju di Jakarta," kata Adi saat dihubungi Tribunnews.com, Selasa.


 



Sumber : Tribunnews.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x