Kompas TV nasional hukum

SYL Tolak Keterangan Saksi Mahkota soal Pemerasan dan Gratifikasi: Saya Paling Malu Minta-Minta

Kompas.tv - 19 Juni 2024, 22:38 WIB
syl-tolak-keterangan-saksi-mahkota-soal-pemerasan-dan-gratifikasi-saya-paling-malu-minta-minta
Eks Mentan SYL saat di persidangan kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi yang menjeratnya, Senin (3/6/2024). (Sumber: KOMPAS.com / IRFAN KAMIL.)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menolak keterangan yang disampaikan oleh saksi mahkota kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian (Kementan) nonaktif Kasdi Subagyono.

Dalam sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, SYL menyampaikan, ia tidak pernah memerintahkan anak buahnya untuk mengumpulkan uang dari direktorat jenderal di Kementerian Pertanian (Kementan).

“Saya ingin sedikit menolak, Pak Kasdi, minta maaf. Saya merasa tidak pernah memerintahkan, baik kita berdua, maupun ada Hatta, Imam, atau siapapun untuk cari uang, kumpul-kumpul uang, sharing-sharing,” kata SYL, Rabu (19/6/2024).

Baca Juga: Saksi Mahkota Ungkap Wakil Ketua KPK Alexander Mawarta Pernah Chat SYL, Minta Kampungnya Dibantu

“Saya tolak itu. Di persidangan harus jelas. Saya tolak. Saya tidak biasa melakukan hal seperti itu,” sambungnya.

SYL juga menyatakan tidak ada pertemuan khusus untuk membicarakan pengumpulan uang dari direktorat jenderal di Kementan.

Ia menyebut, tidak pernah memaksa dan mengancam anak buahnya agar mengumpulkan uang untuk kepentingan pribadinya.

“Tidak ada pertemuan khusus untuk membicarakan itu dengan Hatta, dengan Imam, dengan apa. Jadi saya tolak itu. Tidak pernah ada itu. Saya paling malu, maaf, minta-minta dan lain-lain sebagainya. Saya tidak pernah aktif untuk meminta atau memaksa,” tegas SYL.

Menurutnya, selama 30 tahun menjabat sebagai pejabat publik, seperti menjadi Sekretaris WIlayah Daerah (Sekwilda), Bupati Gowa, Gubernur Sulawesi Selatan, hingga menjadi Menteri Pertanian.

“Menurut saya, sampai hari ini, tidak ada orang yang saya pecat. Saya tidak biasa mengganti-ganti pejabat, mulai dari 30 tahun saya jadi pejabat,” ucap SYL.

“Saya biasa pakai orang sampai akhir. Itu terbukti dengan Momon dan Musafat, sampai detik ini dia sangat sayang sama dia,” sambungnya.

Baca Juga: Saksi Mahkota Sebut SYL Selalu Ingatkan Anak Buah Kerja Sesuai SOP dan Tidak Korupsi

Sementara itu, Kasdi dalam persidangan mengungkapkan bahwa SYL pernah mengumpulkan pejabat eselon I Kementan untuk membahas masalah pengadaan sapi di Kementan yang tengah dilidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kala itu, SYL mengumpulkan uang untuk diberikan kepada Ketua KPK yang saat itu menjabat, Firli Bahuri. Adapun, uang yang berhasil dikumpulkan adalah Rp800 juta.

“Jadi begini, setelah disampaikan (SYL) pada waktu itu diperjelas lagi oleh Pak Hatta bahwa ada kebutuhan Rp 800 (juta) yang akan diserahkan pada Pak Firli,” ungkap Kasdi.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x