Kompas TV internasional kompas dunia

AS Geser Aset Tempur Dekati Lebanon dan Bersiap Evakuasi Warga, Hizbullah-Israel Jadi Perang?

Kompas.tv - 29 Juni 2024, 08:27 WIB
as-geser-aset-tempur-dekati-lebanon-dan-bersiap-evakuasi-warga-hizbullah-israel-jadi-perang
USS Wasp dan pasukan jejajah marinir AS mendekati Lebanon seperti dilaporkan hari Jumat, 28/6/2024. Amerika Serikat hari Jumat, 28/6/2024, dilaporkan menggeser aset tempur di Laut dekat Gaza mendekat ke Lebanon di tengah meningkatnya kemungkinan perang terbuka Israel melawan Hizbullah di Lebanon. (Sumber: US Navy)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Amerika Serikat hari Jumat, 28/6/2024, dilaporkan menggeser aset tempur di Laut dekat Gaza mendekat ke Lebanon di tengah meningkatnya kemungkinan perang terbuka Israel melawan Hizbullah di Lebanon.

Selain itu, Amerika Serikat dilaporkan meningkatkan kesiapan evakuasi warganya dari negara tersebut, seiring meningkatnya retorika perang dan saling ancam dari pejabat Israel dan Hizbullah, seperti laporan NBC, Jumat, 28/6/2024.

Kesiapan Armada AS di Laut Mediterania Timur

USS Wasp, kapal serbu amfibi, dan Marinir dari pasukan operasi khusus 24th Marine Expeditionary Unit, dilaporkan mulai bergerak ke Laut Mediterania hari Rabu kemarin. Mereka akan bergabung dengan USS Oak Hill dan kapal lainnya dalam grup siaga amfibi mereka.

USS Wasp akan beroperasi di Mediterania timur untuk bersiap melakukan Evakuasi Bantu Militer dan misi lainnya.

Menurut pejabat AS, USS Wasp dan Marine Expeditionary Unit atau Pasukan Jelajah Marinir AS juga bertujuan memproyeksikan kekuatan militer dan menjadi pencegah eskalasi regional.

Langkah ini dilakukan karena kekhawatiran yang semakin meningkat bahwa Israel akan melancarkan serangan udara dan kemungkinan serangan darat di Lebanon dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga: AS Sarankan Warganya Tak Bepergian ke Lebanon, Hizbullah - Israel di Ambang Perang Besar?

USS Wasp dan pasukan jejajah marinir AS mendekati Lebanon seperti dilaporkan hari Jumat, 28/6/2024. Amerika Serikat hari Jumat, 28/6/2024, dilaporkan menggeser aset tempur di Laut dekat Gaza mendekat ke Lebanon di tengah meningkatnya kemungkinan perang terbuka Israel melawan Hizbullah di Lebanon. (Sumber: ABC News)

Kekhawatiran dan Tekanan Diplomatik atas Israel

Meskipun mendapat tekanan dari pemerintahan Biden, pejabat Israel tetap ngotot menyerang Hizbullah di Lebanon, dengan target menciptakan zona penyangga sejauh 10 mil di atas perbatasan Lebanon untuk mengurangi ancaman dari Hizbullah. Jika solusi diplomatik tidak berhasil, Militer Israel siap melakukan serangan besar-besaran untuk menekan Hizbullah lebih jauh dari perbatasan.

"Tujuannya adalah mengembalikan ketenangan di Israel utara sehingga 60.000 warga Israel yang meninggalkan rumah mereka karena serangan roket Hizbullah dapat kembali," kata seorang pejabat Israel.

Kesiapan Militer dan Evakuasi AS



Sumber : NBC News



BERITA LAINNYA



Close Ads x