Kompas TV nasional rumah pemilu

Tanggapi Potensi Anies Ajak PDIP dan PKB Berkoalisi, PKS Yakin Tak Ditinggalkan

Kompas.tv - 27 Juni 2024, 15:46 WIB
tanggapi-potensi-anies-ajak-pdip-dan-pkb-berkoalisi-pks-yakin-tak-ditinggalkan
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu memberikan keterangan di depan awak media terkait Pilkada Jakarta, Selasa (25/6/2024). (Sumber: Sumber: Kompas.tv/Fadel Prayoga)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu yakin Anies Baswedan akan setia dan tidak meninggalkan partainya usai diusung menjadi bakal calon gubernur Jakarta berpasangan dengan kader PKS, Sohibul Iman, di Pilkada 2024.

Ia menanggapi potensi Anies bakal mengajak Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk berkoalisi mengusungnya di Pilkada Jakarta 2024.

Seperti diketahui, PKS tidak bisa mengusung sendiri pasangan calon gubernur-wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024 karena belum memenuhi ambang batas pencalonan yaitu 22 kursi di DPRD Jakarta.

Syaikhu mengaku yakin Anies akan menghargai dan tetap bersama PKS.

"Ya semua kita serahkan ke Pak Anies, tentu mudah-mudahan Pak Anies juga sangat paham dengan PKS, menghargai PKS. Dan insyaallah kita husnudzon Pak Anies akan tetap bersama dengan PKS," kata dia seusai menutup acara Sekolah Partai di Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024), dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Respons Waketum Gerindra soal PKS Usung Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilkada Jakarta 2024

Mesk demikian, ia tidak memungkiri bahwa dinamika politik masih sangat cair dan ada kemungkinan PKB dan PDIP bakal berkoalisi tanpa PKS.

Namun ia menegaskan, pihaknya menyerahkan kembali kepada Anies yang diyakininya tidak akan meninggalkan PKS.

"Ya semuanya kembali kepada Pak Anies sendiri ya, kami sudah berusaha berikhtiar untuk membawa Pak Anies dengan Pak Sohibul Iman, walaupun tadi memang kita berhadapan dengan sebuah realitas bahwa ini belum bisa melangkah karena belum cukup kursinya.”

Syaikhu juga menyebut Anies akan turut berikhtiar mencari kursi tambahan bersama PKS agar memenuhi syarat untuk mengusung kandidat pada Pilkada Jakarta 2024.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x