Kompas TV nasional politik

Istana Bantah Jokowi Cawe-Cawe di Pilkada DKI Jakarta dengan Sodorkan Kaesang ke Beberapa Partai

Kompas.tv - 27 Juni 2024, 22:00 WIB
istana-bantah-jokowi-cawe-cawe-di-pilkada-dki-jakarta-dengan-sodorkan-kaesang-ke-beberapa-partai
Staf Khusus Presiden Grace Natalie saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/5/2024). (Sumber: KOMPAS.com/Dian Erika)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Istana membantah informasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi menawarkan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep maju di Pilkada Jakarta.

Staf Khusus Presiden Grace Natalie memastikan Presiden Jokowi tidak ikut campur dalam Pilkada serentak 2024. Apalagi menyodorkan putra bungsunya, Kaesang Pangarep ke partai-partai. 

"Tidak benar Pak Presiden menyodorkan nama Kaesang ke partai-partai. Pak Presiden tidak ikut campur terkait Pilkada di manapun," ujar Grace yang juga politisi PSI itu, dalam pesan singkat, Kamis (27/6/2024). Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV. 

Grace menambahkan dalam untuk mengusung calon kepala daerah merupakan kebijakan dari partai politik, dan bukan di tangan Presiden Jokowi. 

Selain itu, untuk mengusung bakal calon kepala daerah, diperlukan syarat perolehan kursi parlemen setiap partai di daerah pemilihan masing-masing. 

Baca Juga: Sekjen PKS Sebut Jokowi Cawe-Cawe di Pilkada DKI Jakarta 2024, Sodorkan Kaesang ke Beberapa Partai

Untuk itu jugalah, Presiden Jokowi tidak bisa mengusung nama untuk menjadi bakal calon kepala daerah. 

"Urusan pencalonan Pilkada bicara soal popularitas dan jumlah kursi masing-masing partai. Kuncinya disitu, diskusinya disitu. Bukan di Presiden," ujar Grace. 

"Jadi persoalan Pilkada adalah ranah partai. Pak Presiden fokus mengerjakan tugas-tugas kepresidenan sampai Oktober mendatang," imbuhnya. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo dinilai ikut turun tangan untuk menyukseskan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilkada DKI Jakarta 2024. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x