Kompas TV nasional politik

Menpan RB Sebut Pemerintah Siapkan 2 Ribu Formasi CPNS IKN untuk Putra Putri Kalimantan

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 20:35 WIB
menpan-rb-sebut-pemerintah-siapkan-2-ribu-formasi-cpns-ikn-untuk-putra-putri-kalimantan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas saat memberi laporan INA Digital dalam peluncuran layanan pemerintah berbasis elektronik atau GovTech di Istana Negara, Senin (27/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah akan mengalokasikan lima persen dari 40 ribu formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk putra-putri terbaik Kalimantan.

Penjelasan itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) bdullah Azwar Anas, Senin (1/7/2024).

Ia menjelaskan, pemerintah akan membuka formasi untuk 40 ribu CPNS di IKN. Nantinya, kata dia proses seleksi CPNS tersebut dilakukan dengan sistem computer assisted test (CAT).

“Nanti diseleksi amat sangat ketat dengan Sistem CAT, jadi tak ada satupun yang membantu,” ujarnya, dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV Cindy dan Gahiyar.

Baca Juga: Progres IKN Jadi Sorotan Jelang HUT RI, Basuki: Rampung 82 Persen

Intinya, kata dia, pemerintah pusat akan memberikan afirmasi terhadap putra putri terbaik Kalimantan.

“Untuk tahap awal akan ada afirmasi 5% untuk putra putri Kalimantan terbaik jadi bagian dari 40 ribu formasi ASN yang dibuka di Juli-Agustus, artinya ada 2000 putra putri kalimantan terbaik di CPNS IKN,” ujarnya.

Ia menegaskan, dua ribu putra putri terbaik Kalimantan tersebut akan diberi ruang afirmasi untuk formasi CPNS fresh graduate.

Kedua, lanjut dia, terkait dengan mutasi dari pemerintah daerah (pemda) lain yang terletak di sekitar IKN.

“Di dalam rapat ini dibahas tidak semua PNS bisa mutasi ke IKN atau Pemdasus IKN, tapi melalui seleksi terbuka secara kompetitif.”

“Lowongan pegawai IKN harus diumumkan oleh OIKN dan KL yang ada di IKN dan seterusnya, dan seterusnya,” ujarnya.

Hal ini, kata dia, agar mereka yang pindah atau mutasi sekitar Kalimantan juga terdiri dari ASN berkualifikasi tinggi, talenta digital multitasking yang bisa memberi layanan secara digital dan berstandar SPBE atau sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Baca Juga: Tinjau PLTS PLN, Menteri BUMN Pastikan Peringatan HUT RI di IKN Gunakan Listrik Hijau

“Lalu berapa dalam waktu dekat yang akan pindah, kami telah sampaikan tadi dari kementerian mana saja, dari 38 kementerian dan lembaga, tetapi hasil koordinasi dengan kementerian PUPR dan Bapenas, bahwa sampai November nanti akan ada 47 tower yang jadi, 1 tower isinya 60 unit. besarnya 98 meter, jadi besar sekali,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x