Kompas TV nasional hukum

Awal Perkenalan Ketua KPU Hasyim Asy'ari dengan Anggota PPLN Den Haag hingga Intens Berkomunikasi

Kompas.tv - 4 Juli 2024, 11:34 WIB
awal-perkenalan-ketua-kpu-hasyim-asy-ari-dengan-anggota-ppln-den-haag-hingga-intens-berkomunikasi
Ketua KPU RI Hasyim Asyari saat di kantornya, Kamis (15/2/2024). Awal perkenalan Hasyim dengan anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda berinisial CAT, terungkap dalam sidang putusan DKPP pada Rabu (3/7/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sidang putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam perkara Nomor 90-PKE-DKPP/V/2024 dengan teradu Ketua KPU Hasyim Asy'ari pada Rabu (3/7/2024), mengungkap sejumlah fakta baru.

Salah satunya terkait awal mula perkenalan Hasyim dengan korban, seorang perempuan anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda berinisial CAT.

Dari fakta persidangan terungkap, Hasyim dan CAT berkenalan di Bali pada 31 Juli 2023.

Sebagai informasi, saat itu, KPU menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk PPLN di Nusa Dua Convention Center pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2023.

"Dalam rangkaian bimtek tersebut terdapat agenda jalan sehat yang dilaksanakan pada Senin 31 Juli 2023 dari pukul 08.00-11.00 WITA yang diikuti juga oleh pengadu (CAT) dan teradu (Hasyim)," kata Anggota DKPP Ratna Dewi saat membacakan pertimbangan putusan, Rabu.

"Pengadu menyampaikan pada saat jalan sehat tersebut, teradu menyapa pengadu terlebih dahulu dan sempat berbincang kurang lebih 30 menit."

Perbincangan diakhiri dengan Hasyim yang meminta CAT untuk mengirim pesan pribadi kepada dirinya melalui aplikasi WhatsApp (WA).

"Atas permintaan tersebut, pengadu kemudian menanyakan nomor kontak teradu. Teradu menyampaikan bahwa nomornya ada di grup WA Forkom PPLN Pemilu 2024. Foto profil yang ada gambar tas ransel," jelasnya.

Kemudian pada pukul 23.42 waktu setempat, CAT mengirimkan pesan melalui WA kepada Hasyim yang intinya memperkenalkan diri.

"Selanjutnya teradu pada 1 Agustus 2023 pukul 00.22 waktu setempat merespons pesan dan menanyakan kesan terhadap pelaksanaan bimtek di Bali, dan menanyakan kapan pengadu pulang ke Belanda," ungkapnya.

Baca Juga: Hasyim Asy'ari Dipecat, Anggota Komisi II DPR: Pimpinan KPU Daerah Hati-Hati dalam Bertindak



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x