A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$iframe

Filename: libraries/Article_lib.php

Line Number: 225

Backtrace:

File: /var/www/html/frontend-v2/application/libraries/Article_lib.php
Line: 225
Function: _error_handler

File: /var/www/html/frontend-v2/application/controllers/Read.php
Line: 108
Function: gen_content_article

File: /var/www/html/frontend-v2/index.php
Line: 314
Function: require_once

Gawat! Gelombang Panas Picu Mencairnya Es di Greenland Setara 4,4 Juta Kolam Renang Olimpiade

Kompas TV nasional berita kompas tv

Gawat! Gelombang Panas Picu Mencairnya Es di Greenland Setara 4,4 Juta Kolam Renang Olimpiade

Kompas.tv - 19 Agustus 2019, 10:50 WIB

Fenomena melelehnya lapisan es di Greenland terus menjadi sorotan. Temuan fakta bahwa lapisan es di Greenland meleleh 6 kali lebih cepat sejak tahun 1980-an mendorong sejumlah peneliti untuk mengembangkan studi di tempat es terbesar kedua di dunia setelah Antartika ini.

Kali ini peneliti dari badan penerbangan dan antariksa nasa yang menjelajahi Greenland untuk melakukan studi. Sebagian besar peneliti berpendapat pemanasan global adalah pemicu utama yang mengakibatkan miliaran ton es meleleh hanya dalam satu hari. Namun perkiraan untuk seberapa tinggi dan seberapa cepat kenaikan air laut akan sangat bervariasi. Karena para peneliti tidak memiliki kejelasan tentang seberapa cepat pemanasan lautan mencairkan lapisan es. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti nasa menjatuhkan sebuah alat ukur ke dalam es.

Tahun ini peristiwa tidak lazim terjadi di Greenland dimana bongkahan es seberat 12,5 miliar ton meleleh hanya dalam satu hari. Hilangnya 12,5 miliar ton es dalam 24 jam ini adalah yang terbesar sejak tahun 1950. Pusat data salju dan es nasional menyatakan fenomena mengejutkan tersebut dipicu oleh gelombang panas yang menghantam Eropa pada Juli lalu. Gelombang panas mengakibatkan suhu di Greenland meningkat hingga 30 derajat sehingga bongkahan es pun meleleh lebih banyak.

Para peneliti mengatakan pemanasan global dapat mempercepat melelehnya es di Greenland dan meningkatkan permukaan air laut sekitar 6 meter. Namun fenomena pencairan es di Greenland dapat diperlambat salah satunya dengan membatasi penggunaan bahan bakar fosil dan kegiatan lain yang dapat menambah emisi karbon.

#GelombangPanas #Greenland #MencairnyaEs




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x