Kompas TV olahraga kompas sport

Nasib Liga 1 dan 2 Masih Belum Jelas, PSSI Tunggu Rapat Exco

Kompas.tv - 10 Januari 2021, 22:00 WIB
nasib-liga-1-dan-2-masih-belum-jelas-pssi-tunggu-rapat-exco
Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan (Sumber: pssi.org)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

SOLO, KOMPAS.TV- Seiring belum berakhirnya pandemi Covid-19, nasib kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia makin tak menentu.

PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia menunggu komite eksekutif (exco) untuk segera menggelar rapat besar terkait hal tersebut.

“Untuk itu, PSSI menjadwalkan untuk menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) di pertengahan Januari 2021 untuk memutuskan kelanjutan Liga 1 dan 2 atau memberhentikan liga musim kompetisi 2020 berdasarkan situasi terkini,” ucap Plt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, seperti dikutip Kompas.tv dari laman pssi.org, Minggu (10/1/2021).

Baca Juga: PSMS Medan Tunggu Surat PSSI Terkait Pelaksanaan Liga 2

Jika pun harus dilanjutkan, ungkap Yunus Nusi, PSSI memastikan akan menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat karena masih dalam pandemi Covid-19.

Panduan protokol kesehatan untuk kompetisi sudah dibuatkan regulasinya serta diberikan kepada klub.

“Namun, jika harus berhenti, artinya kompetisi akan dilanjutkan untuk musim 2021,”imbuh Yunus Nusi.

PSSI dan juga PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi mengaku telah bekerja maksimal. Termasuk berkirim surat tiga kali ke Mabes Polri.

Pertama menjelang rencana kick off 1 Oktober 2020. Kemudian bersurat lagi pada awal November 2020. Surat terakhir berisikan permohonan agar Liga 1 dan 2 bisa berputar lagi pada akhir Januari atau awal Februari 2021.

Baca Juga: Agar Liga 1 dan Liga 2 Bisa Kembali Digelar, Izin Kepolisian Diharap Bisa Keluar Desember

Sebelumnya PSSI merencanakan lanjutan kompetisi Liga 1 dan 2 pada Oktober 2020. Namun, karena pihak kepolisian belum memberikan izin, kompetisi akhirnya ditunda.

Padahal BNPB sudah mengeluarkan rekomendasi agar Liga 1 dan 2 bisa diputar tanpa penonton dan mentaati protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Perwakilan Klub Meminta PSSI Tegas Terkait Kelanjutkan Kompetisi Liga 1

“Terkait kompetisi, PSSI bersama PT LIB terus mengusahakan agar kompetisi bisa berjalan lagi secepatnya. Koordinasi dan silaturahmi dengan berbagai pihak terkait terus dilakukan,” sambung Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

”Surat resmi kepada pihak kepolisian telah dilayangkan sebanyak tiga kali. Kini semua berpulang kepada kepolisian. Apapun keputusan kepolisian, PSSI tunduk dan patuh,” tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x