Kompas TV olahraga kompas sport

Faktor Keselamatan Belum Terpenuhi, Balapan Asia Talent Cup di Mandalika Ditunda

Kompas.tv - 15 November 2021, 07:30 WIB
faktor-keselamatan-belum-terpenuhi-balapan-asia-talent-cup-di-mandalika-ditunda
Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

MANDALIKA, KOMPAS.TV - Balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang akan berlangsung di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika pada Minggu (14/11/2021) resmi ditunda pekan depan.

Penundaan tersebut dikarenakan faktor keselamatan pengendara yang belum terpenuhi. 

Dilansir Kompas.id, Pimpinan Perlombaan Dyan Dilato mengatakan, faktor keselamatan pengendara belum terpenuhi pada beberapa bagian, seperti: beberapa bagian lintasan yang belum bebas dari debu,  pit yang belum semua siap, sampai marshall yang belum siap, baik dari sisi jumlah maupun kemampuan.

Untuk diketahui, marshall adalah petugas  lomba untuk memperlancar jalannya lomba.

Mereka bertugas mengibarkan bendera jika ada insiden, mengangkat papan pengumuman, menolong pebalap yang terjatuh,  sampai memadamkan kebakaran.

Kata Dyan, para marshall banyak yang belum siap. Mereka malah exciting menonton pebalap, saat harus mengibarkan bendera kuning. 

"Secara pengalaman, mereka memang belum siap. Mereka seharusnya menjalani tugas selama satu tahun sebagai marshall di kejuaraan nasional, lalu regional, baru kejuaraan dunia," kata Dyan, yang juga melatih para marshall.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Penundaan Balapan Asia Talent Cup di Mandalika

Alasan marshall tersebut juga sebelumnya disebut dalam unggahan GP Racing Indonesia. Ia menyebutkan bahwa marshal di Sirkuit Mandalika jumlahnya tidak memenuhi syarat. 

“Berdasarkan informasi dari Rock FM Lombok, balapan harus dibatalkan karena jumlah marshall tidak memenuhi syarat minimal,” cuit GP Racing Indonesia.




Sumber : Kompas.id/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x