Kompas TV olahraga kompas sport

PBSI Tarik Mundur Tim Indonesia dari Tiga Turnamen Awal 2022, Apa Alasannya?

Kompas.tv - 19 Desember 2021, 17:39 WIB
pbsi-tarik-mundur-tim-indonesia-dari-tiga-turnamen-awal-2022-apa-alasannya
Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyatakan tim bulu tangkis Indonesia akan mundur dari tiga turnamen di awal tahun 2022. (Sumber: KOMPAS.TV)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyatakan tim bulu tangkis Indonesia akan mundur dari tiga turnamen di awal tahun 2022. 

Tiga turnamen yang seharusnya diikuti para atlet Pelatnas PBSI adalah India Open 2022 (11-16 Januari), Syed Modi India Internasional (18-23 Januari), serta Odisha Open 2022 (25-30 Januari). 

Sebelumnya, PBSI juga telah menarik mundur para pebulu tangkis Pelatnas Cipayung dari ajang Kejuaraan Dunia 2021 di Huelva, Spanyol, lantaran khawatir tentang penyebaran virus corona varian Omicron.

Namun, kali ini, alasan utama PBSI menarik diri dari tiga turnamen tersebut adalah terkait persiapan yang tak optimal. 

Baca Juga: Menpora Mendukung Keputusan Mundur PBSI dari Kejuaraan Dunia 2021

"Performa pemain diprediksi tidak akan maksimal," tulis pernyataan resmi PBSI melalui akun Twitter, Minggu (19/12/2021). 

"Mereka baru saja rehat dari menjalani pertandingan dengan intensitas yang demikian tinggi dan terus menerus sejak September hingga Desember. Baik tim utama, pelapis maupun junior."

"Persiapan pemain juga kurang optimal karena terganggu dengan kegiatan libur merayakan Natal dan Tahun Baru 2022."

"Seluruh penghuni Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, sejak 18 Desember 2021 dikembalikan ke klubnya masing-masing. Dengan kondisi seperti ini, persiapan pemain tidak akan maksimal."

Selain itu, PBSI menyebut Indonesia sebagai negara bulu tangkis akan selalu diberi target untuk menjadi juara. 

Kondisi fisik, mental, dan fokus para pemain yang belum pulih sepenuhnya, serta persiapan yang terganggu akibat libur Natal dan Tahun Baru, dirasa akan sangat berpengaruh. 

Baca Juga: PBSI Tarik Pemain dari Kejuaraan Dunia 2021, Ternyata Indonesia Masih Punya Wakil

Penarikan diri ini juga diharapkan PBSI menjadi waktu yang tepat bagi para pemain untuk memulihkan kondisi secara optimal. Pasalnya, PBSI juga memiliki turnamen-turnamen prioritas lain di tahun 2022. 

Selain alasan itu, PBSI juga akan segera menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) pada Januari 2022. 

"Pada awal Januari ini, PP PBSI akan menggelar kegiatan Seleksi Nasional di Pelatnas Cipayung yang diikuti ratusan pemain dari 34 provinsi," sambung pernyataan PBSI.

"Dengan hadirnya para peserta Seleksi Nasional, tidak ada fasilitas berlatih karena lapangan yang biasanya digunakan pemain berlatih, dipakai untuk menggelar pertandingan."

 




Sumber : Twitter PBSI


BERITA LAINNYA



Close Ads x