Kompas TV olahraga kompas sport

Indonesia vs Thailand, Kurnia Sandy: Jangan Sampai Kalah Mental!

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 19:31 WIB
indonesia-vs-thailand-kurnia-sandy-jangan-sampai-kalah-mental
Ilustrasi. Eks kiper Timnas Indonesia, Kurnia Sandy mengingatkan skuad Merah Putih agar jangan sampai kalah mental ketika menghadapi Thailand. (Sumber: AFP/Roslan Rahman)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia akan melakoni final Piala AFF 2020 melawan Thailand, Rabu (29/12/2021). Pertandingan Indonesia vs Thailand akan dimulai pukul 19.30 WIB.

Eks kiper Timnas Indonesia, Kurnia Sandy menyoroti perkara mentalitas jelang laga ini. Pria yang kini berporfesi sebagai pelatih kiper itu mengingatkan skuad Merah Putih agar jangan sampai kalah mental.

Di atas kertas, Thailand memang patut dianggap lebih kuat dibanding Timnas Indonesia. Namun, Kurnia menyebut hal itu tidak perlu membuat Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan ragu.

"Kita selama ini tahu Thailand tim kuat, sepakbolanya lebih berkembang. Itu mungkin jadi kendala mental,” kata Kurnia Sandy dalam program “Sapa Indonesia Malam” di KOMPAS TV, Rabu (29/12/2021).

Pensiunan kiper asal Semarang ini pun mengakui mentalitas Timnas Indonesia sudah teruji di gelaran Piala AFF 2020.

Baca Juga: Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Thailand: Edo Gantikan Pratama Arhan

Kurnia merujuk partai leg kedua semifinal antara Indonesia vs Singapura. Kendati gagal mengunci kemenangan lawan sembilan pemain, anak asuh Shin Tae-yong tetap bisa fokus memenangkan pertandingan pada babak tambahan waktu.

Eks kiper Persik Kediri ini juga mengapresiasi penampilan Nadeo Argawinata di bawah mistar gawang. Menurutnya, aksi sang kiper menggagalkan penalti menjadi momen krusial yang menumbuhkan semangat Timnas.

Untuk menghadapi skuad Gajah Perang, Kurnia menyebut anak asuh Shin Tae-yong harus menjaga mental dan bermain disiplin.

“Kalau mental kita siap, disiplin dalam bermain, disiplin dalam posisi, itu modal penting bg pertandingan nanti,” kata Kurnia.

Eks kiper tim primavera Sampdoria ini menyebut disiplin pemosisian sangat penting untuk melawan Thailand. Jika tidak disiplin, Merah Putih bisa kecolongan peluang berbahaya, terutama dalam situasi bola mati.

Indonesia akan menghadapi Thailand dalam dua leg partai final Piala AFF 2020. Leg kedua dijadwalkan pada Sabtu (1/1/2021) mendatang.

Baca Juga: Final Piala AFF 2020: Restu dan Doa Keluarga bagi Penggawa Timnas Indonesia


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x