Kompas TV olahraga kompas sport

Hasil Final Piala AFF 2020: Thailand Perkasa, Indonesia Tumbang 0-4

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 21:37 WIB
hasil-final-piala-aff-2020-thailand-perkasa-indonesia-tumbang-0-4
Timnas Indonesia tumbang 0-4 dari Thailand di pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia harus tertunduk lesu setelah tumbang 0-4 dari Thailand di pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020.

Dalam laga yang digelar di National Stadium Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB, empat gol Thailand dicetak oleh brace dari Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachart dan Bordin Phala. 

Sementara Indonesia yang tak mampu keluar dari tekanan Thailand gagal mencetak satu gol pun meski sempat beberapa kali mendapatkan peluang emas. 

Dengan kekalahan ini, peluang Timnas Indonesia untuk meraih gelar juara di Piala AFF 2020 sangat berat kalau tidak bisa disebut tidak mungkin tercapai. 

Sebab pada leg kedua, Sabtu (1/1/2021), Indonesia diharuskan menang dengan selisih lima gol atau minimal empat gol untuk memaksakan laga berlanjut ke extra time. 

Baca Juga: Babak Pertama Final Piala AFF 2020: Chanathip Bawa Thailand Unggul 1-0 atas Indonesia

Jalannya Pertandingan

Thailand memulai pertandingan dengan baik saat pressing yang mereka lakukan membuat Indonesia kesulitan untuk menguasai bola.

Baru dua menit laga berjalan, Indonesia harus tertinggal lebih dulu.

Berawal dari penetrasi yang dilakukan oleh Phillip Roller, umpan tarik yang diberikannya dengan mudah diselesaikan oleh Chanathip Songkrasin.

Tendangan keras kaki kiri oleh Chanathip tak mampu diamankan oleh Nadeo Argawinata dan mengubah skor menjadi 0-1 untuk keunggulan Thailand.

Pada menit 13, Thailand nyaris mencetak gol kedua mereka saat Bordin Phala melakukan tendangan first time kaki kanan memanfaatkan umpan silang Supachok Sarachart.

Beruntung Asnawi mampu menghalau bola tepat di garis gawang.

Indonesia yang mencoba keluar untuk menyerang masih kesulitan membangun serangan karena seringkali salah dalam melakukan umpan.

Di menit ke-23, Indonesia mampu menembus pertahanan Thailand melalui skema serangan balik cepat.

Namun sayang, Irfan Jaya yang sudah berada dalam kotak penalti justru melakukan pelanggaran kepada Chanathip Songkrasin yang turun membantu pertahanan.

Selepas 30 menit, Indonesia mulai lebih nyaman dalam menguasai bola. Beberapa kali serangan yang mampu berhasil dibuat skuad Garuda harus dihentikan Thailand lewat pelanggaran.

Pada menit 36, peluang diciptakan Indonesia melalui tendangan kaki kiri Asnawi yang masih belum menemukan sasaran.

Jelang turun minum, Elias Dolah yang sebelumnya mendapatkan kartu kuning karena melanggar Rahmat Irianto harus ditarik keluar karena mengalami cedera.

Pelatih Thailand Alexandre Polling kemudian memasukkan Pokklaw Annan untuk menggantikan Elias Dolah di menit 39.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x