Kompas TV olahraga kompas sport

Kata Juergen Klopp soal 5 Pergantian Pemain di Liga Inggris

Kompas.tv - 19 Maret 2022, 20:02 WIB
kata-juergen-klopp-soal-5-pergantian-pemain-di-liga-inggris
     Pelatih Liverpool, Juergen Klopp. (Sumber: Liverpoolfc.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Baru-baru ini, pelatih Liverpool, Juergen Klopp, kembali memberi komentar terkait peraturan pergantian pemain.

Juergen Klopp menyebut bahwa penyelenggara Liga Inggris 2021-2022 harus membuat peraturan pergantian pemain seperti saat awal merebaknya pandemi.

Pada 2020, Liga Inggris menerapkan pergantian lima pemain dari yang semula berjumlah tiga pemain dalam satu partai.

Hal ini berfungsi untuk mencegah para pemain terlalu lelah karena serangan Covid-19 masih amat berisiko terhadap kondisi fisik.

Selepas pandemi, Klopp menilai pergantian lima pemain masih dibutuhkan mengingat padatnya jadwal yang harus dijalani pesepak bola, termasuk bersama tim nasional.

“Saya tidak membukanya sekarang, tetapi saya tidak bisa berhenti memikirkannya,” kata Klopp, dikutip dari Mirror, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga: Brighton vs Liverpool, Juergen Klopp Waspadai Tuan Rumah

“Lima pemain pengganti sangat penting. Saya pikir Skotlandia merencanakan enam pertandingan persahabatan di musim panas. Tidak semuanya bertujuan sebagai persiapan jika Anda pergi ke Piala Dunia, itu karena alasan uang dan saya mengerti itu.”

“Inggris memiliki empat pertandingan musim panas nanti, di mana tahun ini adalah untuk pertama kalinya tidak ada turnamen. Jadi apa yang kita lakukan? Oh bagus, kita adakan saja beberapa pertandingan."

"Kami berbicara tentang bagaimana kami bisa mengistirahatkan pemain dan melewati musim, tetapi kami tidak dibiarkan menerima fakta bahwa pemain kelas atas terus-menerus bermain.”

Komentar ini dilayangkan setelah pelatih Burnley, Sean Dyche, mengeluhkan permintaan Klopp agar liga menerapkan pergantian lima pemain.

Baca Juga: Kejar-kejaran Liverpool dan Man City, Jurgen Klopp: Sayangnya, Kami Hanya Sekali Juara

Dyche mengatakan bahwa kebijakan tersebut hanya menguntungkan tim besar.

Pelatih asal Jerman juga menjelaskan perbedaan skuad yang dimiliki oleh Liverpool berpengaruh terhadap jumlah para pemain yang dipanggil ke timnas.

“Anda harus pulih dan beristirahat setiap saat Anda dapat melakukannya. Ini benar-benar sulit untuk pemain, bukan hanya kami, tetapi juga yang lain," kata Klopp.

"Pada tahun pertama (di Liverpool), saya dan tim memiliki 63 pertandingan di musim 2015-2016. Tidak ada pertandingan internasional, hanya di klub. Tahun ini tidak jauh berbeda, tetapi itu sulit. Kami harus memikirkan bagaimana kami dapat menjaga pemain kelas dunia ini tetap bugar.”

“Maaf saja, tetapi selama jeda internasional saya tidak tahu berapa banyak pemain Burnley bertugas di tim nasional, saya tidak tahu. Itulah perbedaannya, tetapi kami membiarkan orang lain membuat keputusan untuk para pemain kelas atas,” tambahnya.

Baca Juga: Mo Salah Tak Kunjung Teken Kontrak Baru di Liverpool, Begini Kata Jurgen Klopp

 



Sumber : Mirror


BERITA LAINNYA



Close Ads x