Kompas TV olahraga kompas sport

Tok! Presiden Jokowi Putuskan Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games XI, Digelar di Solo

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 16:54 WIB
tok-presiden-jokowi-putuskan-indonesia-jadi-tuan-rumah-asean-para-games-xi-digelar-di-solo
Presiden Jokowi saat jumpa pers di depan Istana Merdeka, Rabu (16/3/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI.

Keterangan itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali selepas mengikuti rapat kabinet terbatas di Istana Kepresidenan, sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (22/3/2022).

“Setelah kami menyampaikan tentang kesiapan dan juga penunjukan kepada Indonesia sebagai tuan rumah, akhirnya dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden tadi telah diputuskan kita siap bersedia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games,” kata Menpora.

Menpora menuturkan penyelenggaraan ASEAN Para Games XI akan berada di bawah koordinasi pemerintah pusat dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang ditunjuk sebagai Ketua Badan Pertimbangan.

Baca Juga: Jubir MK soal Kabar Pernikahan Anwar Usman dengan Adik dari Presiden Jokowi, Ini Katanya

Menurut Menpora, kesempatan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games menandai kembalinya pesta olahraga bagi atlet penyandang disabilitas itu di Asia Tenggara.

Dalam keterangannya, Menpora menambahkan kementeriannya bersama Komite Nasional Paralimpiade (NPC) Indonesia sudah menyampaikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah kepada Presiden Jokowi.

Menpora menuturkan, lokasi yang akan dipilih untuk penyelenggaraan ASEAN Para Games adalah di Surakarta, Jawa Tengah.

Keputusan penetapan Kota Solo sebagai tuan rumah pengganti ASEAN Para Games 2022 sudah dikeluarkan oleh ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada 14 Januari lalu dengan jadwal awal pelaksanaan pada 20-31 Juli nanti.

Baca Juga: Jokowi Yakin Indonesia Bisa Mengakselerasi Pertumbuhan Perekonomian Lebih Baik Tahun 2022

“Walaupun ini sangat dekat, tetapi karena kita sudah pernah punya pengalaman menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun 2011, itu nanti akan ditempatkan di Jawa Tengah. Jadi ada Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar dan beberapat tempat yang menjadi pelaksanaan,” jelas Menpora.

Sebelumnya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka juga sudah mendapatkan amanat menjadi ketua panitia penyelenggara atau Indonesia ASEAN Para Games Organizing Commitee (INASPOC) 2022.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x