Kompas TV olahraga kompas sport

5 Fakta Menarik Usai PSM Makassar Lolos dari Degradasi Liga 1

Kompas.tv - 26 Maret 2022, 12:09 WIB
5-fakta-menarik-usai-psm-makassar-lolos-dari-degradasi-liga-1
Para pemain PSM Makassar merakayakn timnya lolos dari degradasi BRI LIga 1 (Sumber: Instagram PSM Makassar)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

BALI, KOMPAS.TV -  Tim PSM Makassar lolos dari lubang jarum usai mereka akhirnya lolos dari degradasi lanjutan BRI Liga 1. Hasil ini usai Juku Eja mengalahkan Persiraja Banda Aceh 1-0 di laga pekan ke-33, Jumat malam (26/3/2022).

Gol tunggal itu dicetak oleh striker mereka Ferdinan Sinaga lewat sebuah sontekan manis di menit ke-41 dan mampu membuat Persiraja mati kutu.

Hasil ini pun memastikan PSM tetap aman musim ini. Apalagi, bagi tim sekelas PSM yang dalam sejarah pernah 6 kali menjadi juara liga, berjuang di jurang degradasi bukanlah tempat mereka.

Pelatih PSM Makassar Joop Gall, menilai timnya bisa lebih tinggi lagi. Dan tekanan bayangan terdegradasi di kompetesi level dua sempat menghantui timnya.

"Terlepas dari itu saya harus memberikan compliment (pujian) kepada anak asuh saya yang memang memberikan usaha terbaik mereka," tegas Pelatih PSM Makassar Joop Gall saat konferensi pers usai laga melawan Persiraja, Jumat malam (25/3).

Dihimpun dari pelbagai sumber, berikut ini merupakan 5 fakta usai PSM Makassar terbesar dari jurang degradasi.

Baca Juga: Pemain Muda PSM Makassar Diundang Trial ke Klub Liga Super Yunani

Ferdinan Sinaga 'The Dragon' Jadi Kunci

Ferdinan Alfred Sinaga atau biasa disebut Ferdinan Sinaga 'The Dragon', diambil dari namanya ‘si Naga’ di usianya yang kepala tiga ternyata masih jadi tuah bagi pasukan Ramang, julukan PSM Makassar.

Ia mencetak satu-satunya gol yang menyelamatkan PSM Makassar. Padahal, sejatinya, di musim ini ia juga tidak bagus-bagus amat dengan mengoleksi 12 caps dan gol yang minim.

Namun, Ferdinan Sinaga adalah salah satu striker yang tidak boleh dilupakan. Buktinya, torehan gol tunggalnya mampu jadi penyelamat PSM Makassar.

"Saya berpikir bahwa itu salah satu eksekusi buruk. Namun itu menjadi gol, dan menjadi salah satu gol yang indah, sangat bagus," tutur Joop Gall.

Pengalaman Pertama Joop Gaal di Indonesia

Bagi Joop Gaal, PSM Makassar adalah pengalaman pertama di Liga Indonesia. Sekaligus pengalaman pertama mantan pemain belakang pernah bermain di SC Herenven dan Groneigen, Belanda tersebut.

Performa PSM Makassar Kurang Maksimal



Sumber : BolaSport



BERITA LAINNYA



Close Ads x