Kompas TV olahraga kompas sport

Laga Piala Presiden 2022 Bisa Dihadiri Penonton, 75 Persen dari Kapasitas Stadion

Kompas.tv - 7 Juni 2022, 19:22 WIB
laga-piala-presiden-2022-bisa-dihadiri-penonton-75-persen-dari-kapasitas-stadion
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (tengah), Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua dari kiri) serta perwakilan Kementerian Kesehatan, Satgas COVID-19/BNPB dan Polri membeberkan hasil rapat koordinasi terkait turnamen pramusim Piala Presiden 2022 di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (7/6/2022). (Sumber: Antara/Michael Siahaan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI mengatakan bahwa turnamen pramusim, Piala Presiden 2022, bisa dihadiri penonton secara langsung dengan jumlah 75 persen dari total kapasitas stadion. 

Keputusan tersebut diumumkan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan usai melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Satgas COVID-19/BNPB serta Polri di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (7/6/2022). 

“Kami sepakat setiap stadion dapat diisi 75 persen dari kapasitas maksimal,” tutur Iriawan dikutip Antara

Meski stadion telah diizinkan lagi untuk dihadiri penonton secara langsung, pihak BNPB/Satgas Covid-19 meminta agar penyelenggara, dalam hal ini PSSI, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan terutama mengenakan masker di dalam stadion. 

PSSI sendiri siap untuk tetap menerapkan protokol kesehatan termasuk syarat wajib dua dosis vaksin bagi tiap penonton, juga penggunaan aplikasi PeduliLindungi. 

Nantinya, tambah Iriawan, tiket Piala Presiden 2022 hanya dapat dibeli secara online atau daring. 

Dalam kesempatan yang sama, Menpora Zainudin Amali menjelaskan bahwa angka 75 persen dari kapasitas maksimal stadion diambil lantaran Indonesia belum aman dari pandemi Covid-19 seperti ada beberapa daerah yang masih dalam status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Zainudin juga menyatakan bahwa angka 75 persen itu bisa saja turun, disesuaikan dengan kebijakan BNPB atau Satgas Covid-19. 

Baca Juga: Aji Santoso Fokuskan Skuad Muda Persebaya Surabaya di Turnamen Pramusim Piala Presiden!

“Patokan kami 75 persen, tetapi nanti BNPB dan Satgas COVID-19 akan menyampaikan rekomendasi,” ujar Menpora Amali.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Piala Presiden 2022 akan digelar pada 11 Juni hingga 17 Juli 2022.

Sebanyak 18 tim telah dibagi ke dalam empat grup, di mana setiap grup memiliki satu tim tuan rumah.

Pada Grup A Piala Presiden 2022, Persis Solo yang ditunjuk sebagai tuan rumah, akan menjamu PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang dan PSS Sleman di Stadion Manahan, Solo.

Di Grup B ada Borneo FC Samarinda sebagai tuan rumah dan akan menerima kunjungan dari Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Nusantara FC, dan Madura United yang melawat ke Stadion Segiri, Samarinda.

Sementara di Grup C yang menjadi grup neraka, akan menyajikan persaingan antara Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United dan Persebaya Surabaya yang digelar di kandang Persib yaitu Stadion Gelora Bandung Lautan Api. 

Dalam Grup D yang menjadi grup terakhir, tuan rumah Arema FC harus menghadapi tantangan dari Persikabo 1973, PSM Makassar, dan Persik Kediri di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Pembukaan Piala Presiden 2022 akan dilangsungksn di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu (11/6/2022) saat pertandingan Persis melawan PSS. 

Baca Juga: Jadwal Piala Presiden 2022: Dibuka Duel Persis vs PSS Sleman



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x