Kompas TV olahraga kompas sport

Suzuki Cabut dari MotoGP, Joan Mir Gabung Repsol Honda

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 23:28 WIB
suzuki-cabut-dari-motogp-joan-mir-gabung-repsol-honda
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, resmi bergabung ke Repsol Honda pada MotoGP musim depan. (Sumber: MOTOGP.COM)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir resmi bakal membalap bersama tim Repsol Honda pada musim depan.

Honda Racing Corporation mengatakan bahwa Mir telah menandatangani kontrak dua tahun hingga 2024.

Dengan begitu, pada MotoGP musim depan, pembalap asal Spanyol itu bakal ditandemkan dengan juara dunia delapan kali Marc Marquez. 

Mir akhirnya berlabuh ke Honda menyusul keputusan Suzuki yang meninggalkan balapan MotoGP setelah musim ini berakhir karena alasan finansial.

Baca Juga: Resmi, Suzuki Ingin Mundur dari MotoGP usai Musim 2022 Berakhir

Sebelumnya, rekan satu tim Mir di Suzuki Ecstar, Alex Rins telah lebih dahulu mengamankan kontrak untuk membalap di tim LCR Honda mulai musim depan.

"Honda Racing Corporatioin dengan bangga mengumumkan perekrutan Joan Mir," tulis pernyataan resmi Honda, Selasa (30/8/2022). 

Setelah resmi bergabung ke Repsol Honda, Mir pun mengaku sangat senang. 


Dengan bergabung dengan tim sebesar Repsol Honda, dia pun bertekad untuk kembali bertarung untuk memperebutkan gelar juara dunia. 

"Saya sangat senang secara resmi mengumumkan saya akan bergabung tim Repsol Honda tahun depan," kata Mir dalam pernyataannya yang diunggah di Twitter.

Baca Juga: Alex Rins: Semua Berantakan Setelah Suzuki Beri Kabar Pergi dari MotoGP

"Terima kasih kepada HRC telah mempercayai saya dan memberikan saya kesempatan untuk membela warna bersejarah ini, yang penuh sejarah dan juara dunia."

"Kami akan memanfaatkan secara penuh semua pengalaman saya selama bertahun-tahun di MotoGP dengan Suzuki untuk berkontribusi sebanyak mungkin ke proyek ini dan bertarung bersama untuk menjadi juara dunia lagi," tegasnya. 

Mir sendiri masih  melewatkan balapan MotoGP Misano pada akhir pekan ini karena cedera tulang dan ligamen pergelangan kaki kanannya saat crash di MotoGP Austria. 

Meski begitu, pembalap berusia 24 tahun masih berkomitmen untuk meraih hasil terbaik di sisa MotoGP musim ini bersama Suzuki Ecstar. 

"Sekarang saatnya fokus meneruskan pemulihan saya untuk kembali ke sirkuit segera mungkin dan meraih akhir musim yang luar biasa dengan tim Suzuki Ecstar," tutup Mir. 

Baca Juga: Indonesia Tak Ajukan Jadi Tuan Rumah Pramusim MotoGP

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x