Kompas TV olahraga sepak bola

Datang di Pertangahan Musim, Dua Juru Taktik Kampiun Europa League Ini Siap Guncang Liga Inggris

Kompas.tv - 5 November 2022, 22:15 WIB
datang-di-pertangahan-musim-dua-juru-taktik-kampiun-europa-league-ini-siap-guncang-liga-inggris
Julen Loptegui (kiri) saat masih melatih Sevilla mengusap kepala pemain Wolverhampton Wanderers, Ruben Neves. (Sumber: Wolverhampton Wanderers)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers resmi menunjuk pelatih asal Spanyol, Julen Lopetegui sebagai pelatih baru menggantikan Bruno Lage yang dipecat pada awal Oktober lalu. Kedatangan Lopetegui menyusul koleganya asal Spanyol, Unai Emery yang lebih dulu menerima pinangan Aston Villa.

Selain memiliki kewarganegaraan yang sama, Lopetegui dan Emery juga dikenal dengan kiprah kepelatihan yang sukses memimpin tim juara Europa League.

Lopetegui melakukannya sekali bersama Sevilla, sedangkan Emery melakukannya empat kali bersama Sevilla dan Villarreal.

Baca Juga: Juergen Klopp Geram dengan Piala Dunia Qatar: Banyak Orang Cari Duit untuk Alasan Keliru

Unai Emery sendiri merupakan pelatih dengan gelar Europa League (dulu bernama Piala UEFA) terbanyak sepanjang sejarah. Ia empat kali meraih titel nomor dua kompetisi antarklub Eropa ini.

Di Aston Villa, Emery bakal diserahi tugas membimbing Ollie Watkins dan kawan-kawan yang terperosok ke ambang degradasi di klasemen sementara Liga Inggris bersama Steven Gerrard.

Sementara itu, klub yang diambil alih Lopetegui, Wolves, berada dua strip di bawah Villa. Sang pelatih diharap bisa menangani Ruben Neves dan kawan-kawan setidaknya pada 14 November mendatang, tergantung izin kerja.

"Julen adalah pelatih papan atas dengan pengalaman luar biasa di tingkat elite olahraga ini. Kami sangat senang bisa menyetujui kesepakatan untuk membawanya ke Wolves," kata Presiden Wolves, Jeff Shi, dikutip Associated Press, Sabtu (5/11/2022).

Di lain pihak, Unai Emery telah memimpin sesi latihan di Aston Villa dan siap melakoni debut keduanya di Liga Inggris. Pada Minggu (6/11) besok, anak asuh Emery akan menghadapi Manchester United.

Baca Juga: Aston Villa vs Man United: Bruno Fernandes Absen, Erik ten Hag Sebut Timnya akan Beradaptasi



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x