Kompas TV olahraga sapa qatar

Piala Dunia 2022: Jelang Inggris vs Iran, Southgate Dibayangi 'Dilema' Masalah Lini Pertahanan

Kompas.tv - 21 November 2022, 16:28 WIB
piala-dunia-2022-jelang-inggris-vs-iran-southgate-dibayangi-dilema-masalah-lini-pertahanan
Ilustrasi. Gareth Southgate dan Harry Maguire dalam sesi latihan Timnas Inggris. (Sumber: FIFA)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

DOHA, KOMPAS.TV - Timnas Inggris akan memulai turnamen Piala Dunia 2022 dengan menghadapi Iran pada Senin (21/11/2022). Jelang berlaga, anak asuh Gareth Southgate masih dibayangi masalah lini pertahanan.

Skuad Tiga Singa tercatat hanya menorehkan satu clean sheets dalam enam pertandingan terkini jelang Qatar 2022. Inggris pun tidak pernah menang dalam enam pertandingan tersebut.

Statistik itu berbanding terbalik dengan rekor kedigdayaan Harry Maguire dan kawan-kawan selama kualifikasi Piala Dunia 2022. Dari 10 pertandingan Grup 1 kualifikasi zona UEFA, Inggris hanya kebobolan tiga gol.

Baca Juga: Berburu Bir, Dua Pendukung Timnas Inggris Malah Berakhir Lihat Singa di Rumah Syekh Qatar

Eks bek Timnas Inggris, Matthew Upson memandang bahwa Southgate sedang mengalami dilema terkait pilihan pemain di lini pertahanan. Southgate disebutnya menghadapi pilihan antara pemain senior yang kadung diandalkannya atau pemain yang sedang dalam performa baik.

Jelang Inggris vs Iran, Upson menyebut bahwa terlalu berisiko bagi Tiga Singa untuk menurunkan trio bek andalan Southgate, yakni Kyle Walker, Harry Maguire, dan John Stones. Walker sedang dalam masa pemulihan usai operasi, sedangkan performa Maguire menurun jelang Piala Dunia.

Maguire sebelumnya diandalkan Southgate di gelaran Rusia 2018 dan Piala Eropa 2020. Belakangan terakhir eks Hull City itu tersisih dari tim klub Liga Inggris, Manchester United dan tak jarang membuat kesalahan di level timnas.

"Performa yang ditampilkan Harry Maguire di Rusia sudah empat tahun lalu dan banyak yang terjadi sejak itu," kata Upson dikutip laman resmi FIFA.

Sebagai solusi lini belakang, Upson menyarankan Southagte memakai dua alternatif bek tengah dalam skema tiga bek, yakni Eric Dier dan Ben White.

Eric Dier disebutnya konsisten dalam situasi menguasai bola. White telah menunjukkan tajinya bersama Arsenal yang kini memuncaki klasemen Premier League.

"Dia (White) bermain dalam tim papan atas Premier League dan bergerak cepat di lapangan," kata Upson.

Inggris akan memulai kiprah di Grup B Piala Dunia 2022 dengan menghadapi Iran pada Rabu (21/11) pukul 20.00 WIB. Setelah Iran, skuad Tiga Singa akan menghadapi Amerika Serikat dan Wales.

Baca Juga: Prediksi Inggris vs Iran di Piala Dunia 2022: Superkomputer Opta Unggulkan The Three Lions



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x