Kompas TV olahraga sapa qatar

Ibu Jadi Semangat Skuad Maroko untuk Memenangkan Piala Dunia 2022

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 00:05 WIB
ibu-jadi-semangat-skuad-maroko-untuk-memenangkan-piala-dunia-2022
Gelandang Maroko Sofiane Boufal (kiri) merayakan bersama ibunya setelah menang 1-0 atas Portugal di perempat final Piala Dunia, Sabtu, 10 Desember 2022, di Stadion Al Thumama, di Doha, Qatar. (Sumber: AP Photo/Alessandra Tarantino)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

DOHA, KOMPAS.TV - Selama Piala Dunia 2022 Qatar, sosok keluarga terutama ibu, menjadi sorotan ketika Maroko memenangkan pertandingan mereka. 

Para pemain Timnas Maroko terlihat selalu merayakan kemenangan mereka di Piala Dunia 2022 seusai pertandingan bersama sang ibu. 

Salah satunya gelandang Sofiane Boufal yang berdansa dengan ibunya di lapangan setelah Maroko mengalahkan Portugal 1-0 pada hari Sabtu lalu untuk menjadi negara Afrika dan Arab pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia. 

Mereka berpegangan tangan dan menari berputar-putar untuk merayakan kesenangan bersama orang banyak.

Bek Achraf Hakimi juga tak ketinggalan mengunggah gambar di media sosial saat sang ibu mencium pipinya setelah dia mencetak penalti kemenangan melawan Spanyol di babak 16 besar pekan lalu. 

"Aku mencintaimu ibu," tulis pemain Paris Saint-Germain itu. 

Bahkan pelatih Singa Atlas, Walid Regragui, juga melakukan perayaan bersama ibunya dengan naik ke tribun setelah pertandingan Spanyol untuk memeluknya di antara para pendukung Maroko yang gembira.

Baca Juga: Ronaldo Luis Nazario Ingin Maroko dan Bukan Argentina yang Menangkan Piala Dunia 2022, Ini Sebabnya

Regragui mengatakan, berbagai perayaan yang dilakukan pemain Maroko bersama sang ibu menunjukkan bagaimana budaya mereka yang sangat dekat dengan keluarga. 

"Kami mewakili Maroko, jadi kami mempunyai citra yang harus kami sebarkan ke seluruh dunia,” kata Regragui dikutip dari Associated Press, Selasa (13/12/2022).

“Dan karena Piala Dunia adalah etalase terbaik, jika Anda suka, kami ingin menunjukkan kepada para pemain kami dan seberapa dekat mereka dengan keluarga mereka. Itu bagian dari budaya kami, dari sanalah kami berasal," jelasnya. 

Lebih lanjut, Regragui menjelaskan bahwa mengizinkan para pemain untuk mengajak keluarga di Qatar merupakan strategi untuk meningkatkan mentalitas bertanding tim. 

"Kami memikirkan hal ini dengan staf dan kami memikirkan detail seperti membawa anggota keluarga kami untuk mencoba membangun semangat tim dan itu membantu kami melaju jauh di turnamen ini,” ungkapnya. 

Hal senada juga dikatakan gelandang Ilias Chair. Pemain yang merumput di Quenn Park Rangers itu menyatakan bahwa dukungan dari keluarga sangat berarti bagi mereka. 

"Orang tua dan istri saya telah datang, dan saya pikir semua pemain lain memiliki orang tua dan anggota keluarga mereka juga di sini," kata Chair. 

“Dan itu telah memberi kami kekuatan besar, dan saya harap ini terus berlanjut, karena jika Anda melihat film, video setelah pertandingan pemain dengan orang tua mereka, itu luar biasa. Dan Anda melihat orang-orang dengan air mata berlinang," ucapnya.  

Baca Juga: Perancis Si Juara Bertahan Lebih Diunggulkan dari Maroko Sang Kuda Hitam




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x