Kompas TV olahraga sepak bola

Semifinal Piala AFF 2022: Kata Pengamat soal Peluang Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam di Leg Kedua

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 22:00 WIB
semifinal-piala-aff-2022-kata-pengamat-soal-peluang-timnas-indonesia-kalahkan-vietnam-di-leg-kedua
Marselino Ferdinan berduel dengan Nguyen Huang Duc di laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (6/1/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat sepak bola, Anton Sanjoyo, mengatakan peluang Timnas Indonesia untuk mengalahkan Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 sangat berat, meski begitu masih ada secercah harapan bagi skuad Garuda. 

Menurut pria yang akrab disapa Bung Joy itu, skuad Timnas Indonesia yang diturunkan Shin Tae-yong pada laga leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023), cukup sukses  menyulitkan Vietnam.

Tapi lagi-lagi, penyelesaian akhir masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dicari solusinya oleh pelatih asal Korea Selatan itu. 

"Sebetulnya formasi yang tadi diturunkan Shin Tae-yong cukup sukses ya di babak pertama, terbukti peluang dari Yakob Sayuri dan Marselino Ferdinan. Tapi sayangnya memang penyelesaian akhir (masih buruk)," kata Bung Joy dalam program Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Jumat. 

"Itulah faktor clinical dalam penyelesaian akhir yang harus dibenahi segera. Ini finishing-nya benar-benar parah. Dan banyak sekali tendangan posisi terbuka tapi bolanya tinggi sekali dan sangat tidak akurat," tambahnya. 

Bung Joy sendiri mengatakan dia tidak terlalu yakin Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan atas Vietnam. 

Namun menurutnya, ada peluang lolos jika Indonesia bisa mencetak gol ke gawang Vietnam dan menahan imbang. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Ditahan Imbang Vietnam 0-0, Pengamat: Ini adalah Kekalahan

Di Piala AFF 2022, aturan gol tandang memang masih berlaku meski sudah tak diterapkan di Eropa. 

"Saya tidak terlalu optimis, tapi saya harus tetap memompa semangat pasukan Garuda. Ada kesempatan, Indonesia draw 1-1 bisa lolos, 2-2 bisa lolos, asal jangan kalah saja," tuturnya. 

Untuk itu, dia berharap Timnas Indonesia bisa tampil lepas dan memperagakan permainan menyerang agar bisa mencetak gol ke gawang Vietnam yang sejauh ini belum kebobolan selama Piala AFF 2022.

"Kalah satu kan tersingkir, jadi menurut saya all out saja lah. Kalau bertahan pun kemungkinan bobol akan sangat besar," tambahnya. 

"Dan Vietnam sejauh ini, sampai semifinal, belum kebobolan. Mereka punya pertahanan dan kiper yang sangat bagus. Jadi kalau Indonesia bikin gol, peluang terbuka," ucap Bung Joy. 

Setelah bermain di Jakarta, Timnas Indonesia giliran akan melakoni partai tandang ke Vietnam. 

Pertandingan semifinal Piala AFF 2022 leg kedua akan dilangsungkan pada Senin (9/1/2023) di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi. 

Baca Juga: Hasil Indonesia vs Vietnam, Skor 0-0: Garuda Buang Keuntungan Bermain di Kandang


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x