Kompas TV olahraga sepak bola

Komite Pemilihan Tegaskan Erick Thohir Sudah Penuhi Syarat Jadi Calon Ketua Umum PSSI

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 21:07 WIB
komite-pemilihan-tegaskan-erick-thohir-sudah-penuhi-syarat-jadi-calon-ketua-umum-pssi
Menteri BUMN Erick Thohir yang juga sebagai calon Ketua Umum PSSI. (Sumber: ANTARA/Aditya Ramadhan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhannudin menegaskan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir sudah memenuhi syarat untuk maju sebagai salah satu calon tetap Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

"Yang bersangkutan memenuhi yang disyaratkan oleh Statuta PSSI," tutur Amir dikutip dari Antara, Jumat (10/2/2023). 

Sebelumnya, Erick dinilai belum layak untuk maju sebagai Ketua Umum PSSI karena melanggar ketentuan aktif di sepak bola selama lima tahun sesuai dengan ayat 4 pasal 38 Statuta PSSI.

Namun, Amir membantah hal tersebut dan mengatakan bahwa Erick sudah memenuhi syarat aktif di sepak bola selama lima tahun dan bisa dibuktikan dengan dokumen pendukung.

"Itu sesuai dengan dokumen yang dilampirkan dan dikonfirmasi dengan klub anggotanya. Jadi isu itu tidak benar," tegas Amir.

Isu ketidaklayakan Erick Thohir maju sebagai calon Ketua Umum PSSI karena diduga tidak memenuhi syarat keaktifan di sepak bola nasional itu diangkat oleh Yesayas Oktavianus.

Yesayas, yang juga menjadi calon tetap Wakil Ketua Umum PSSI serta anggota Komite Eksekutif PSSI 2023-2027, menyebut jabatan Erick Thohir sebagai Wakil Komisaris Utama di PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) tidak bisa disebut sebagai "aktif" di sepak bola.

"Saya sudah mengecek ke orang-orang yang ada di posisi itu. Mereka bilang komisaris itu tidak aktif, paling sekali-sekali datang, misalnya untuk rapat pemegang saham," ujar Yesayas. 

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Sepak Bola Indonesia Penuh Tangan-tangan Kotor: Seperti Lingkaran Setan



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x