Kompas TV olahraga sepak bola

Wapres Berharap FIFA dan Pemerintah Bisa Bersama Membangun Sepak Bola Indonesia yang Lebih Baik

Kompas.tv - 5 April 2023, 06:50 WIB
wapres-berharap-fifa-dan-pemerintah-bisa-bersama-membangun-sepak-bola-indonesia-yang-lebih-baik
Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan keterangan pers kepada wartawan di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (4/4/2023). (Sumber: ANTARA/HO-BPMI Setwapres)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap FIFA dan pemerintah bisa bersama untuk membangun sepak bola Indonesia.

FIFA pekan lalu mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. Dalam pernyataannya, badan pengatur sepak bola dunia itu menyebut pembatalan dilakukan karena "situasi terkini" di mana banyaknya penolakan terhadap kehadiran Timnas Israel.

Alhasil, Timnas U20 asuhan Shin Tae-yong pun batal untuk tampil di Piala Dunia U20.

Terkait batalnya ajang terbesar kedua FIFA itu, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah belum ada keinginan untuk membuat ajang serupa untuk Timnas U20.

"Saya kira soal pembatalan (Piala Dunia U20) itu, pemerintah belum ada keinginan untuk membuat semacam event tandingan," kata Wapres usai meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Semarang, Jawa Tengah, dikutip dari Antara, Selasa (4/4/2023).

Menurutnya, sejauh ini pemerintah tetap mengupayakan agar Indonesia dapat mengikuti ajang-ajang sepak bola internasional lain yang diselenggarakan oleh FIFA.

Baca Juga: Menteri PUPR Bantah Piala Dunia U20 Batal karena Infrastruktur Belum Siap

Selain itu, Wapres Ma'ruf Amin juga berharap, FIFA bisa terus bekerja sama dengan pemerintah untuk memajukan sepak bola nasional.

"Saya juga berharap FIFA bersama pemerintah kita membangun sepak bola yang lebih baik ke depannya," ucapl Wapres.

Dia menekankan bahwa hal yang perlu dilakukan saat ini adalah pembinaan olahraga sepak bola Indonesia, baik melalui program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) maupun kerja sama dengan FIFA.

Menurut Wapres, FIFA menilai pemain sepak bola Indonesia memiliki talenta dan potensi yang cukup besar. 

"Sehingga (yang terpenting) bagaimana pembinaan dari sejak dini hingga nanti menjadi pemain yang andal," imbuhnya.

Mendampingi Wapres Ma'ruf Amin pada konferensi pers kali ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dan Wali Kota Semarang Hevearita Rahayu.

Baca Juga: Ada Peluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17, PSSI: Fokus Kita Lepas dari Hukuman FIFA


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x