Kompas TV olahraga sepak bola

SOS: Pemerintah Jangan Bicara Peluang Host Piala Dunia U17, Diskusi Komitmen Saja Dulu

Kompas.tv - 5 April 2023, 06:30 WIB
sos-pemerintah-jangan-bicara-peluang-host-piala-dunia-u17-diskusi-komitmen-saja-dulu
Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali. (Sumber: Save Our Soccer)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia diminta untuk tidak bicara terlebih dahulu mengenai peluang menjadi tuan rumah Piala Dunia U17.

Menurut Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali, pemerintah lebih baik berdiskusi dengan para stakeholder mengenai arah konstitusi bangsa dan komitmen bersama.

Akmal meminta pemerintah membuat pengecualian dalam olahraga, khususnya sepak bola, dalam bentuk Perppu sehingga nantinya tidak ada lagi penolakan terhadap satu bangsa atau negara.

"Padahal masalah yang kita hadapi adalah masalah besar. Kita dianggap bangsa yang tidak punya komitmen. Jangan bicara dulu soal Piala Dunia U17. Tapi kita ke depan bicara soal konstitusi kita semua," kata Akmal kepada Kompas TV. 

"Mau dibawa ke mana olahraga dan sepak bola kita. Kalau kemudian sepak bola mau dijadikan alat perjuangan bangsa maka semua olahraga pun harus diperlakukan yang sama."

"Jadi misalnya kita punya kepentingan politik terkait ideologi bangsa tapi kemudian bisa dibuatkan addendum baru pengecualian bahwa di olahraga sepak bola semua bisa bertemu dalam kaitannya dengan diplomasi sepak bola dunia. Itu yang penting saat ini," jelasnya.

"Kalau komitmen itu sudah dibangun bersama-sama lewat sebuah konstitusi misalnya Permenlu diganti dengan Perppu dan sebagainya, bisa bicara lebih jauh ke depan."

"Tapi kalau masih ada pro kontra soal penolakan satu bangsa dan negara yang hadir dalam event olahraga akan menjadi bumerang bagi kita semua," ujarnya.

Baca Juga: Menteri Peru Bantah Pernyataan FIFA soal Infrastruktur Negaranya Tak Siap Gelar Piala Dunia U17

Seperti yang diketahui, FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 yang rencananya dilangsungkan pada 20 Mei 2023.

Dalam pernyataannya, FIFA menyebut pembatalan itu dikarenakan "situasi terkini" di mana ada banyak penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel.

Saat ini, Argentina menjadi negara yang paling berpeluang untuk menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Berselang beberapa hari kemudian, pada Senin (3/4/2023) kemarin, FIFA juga mencopot Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17.

Badan pengatur sepak bola dunia itu beralasan bahwa Peru belum siap dalam hal infrastruktur sehingga dengan berat hati membatalkan negara Amerika Selatan sebagai tian rumah Piala Dunia U17.

Dengan posisi slot tuan tumah yang kosong, Indonesia yang batal menggelar Piala Dunia U20 diharapkan bisa maju untuk jadi host Piala Dunia U17.

Meski begitu, PSSI menegaskan bahwa saat ini mereka berfokus untuk menyelematkan sepak bola Indonesia dari sanksi FIFA dan belum memikirkan untuk bidding tuan rumah Piala Dunia U17. 

Baca Juga: Ada Peluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17, PSSI: Fokus Kita Lepas dari Hukuman FIFA


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x