Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Lawan Timor Leste, Timnas U22 Indonesia Jalani Sesi Psikologi

Kompas.tv - 6 Mei 2023, 06:40 WIB
jelang-lawan-timor-leste-timnas-u22-indonesia-jalani-sesi-psikologi
Pemain Timnas U22 Indonesia merayakan gol Marselino Ferdinan ke gawang Myanmar di pertandingan Grup A penyisihan sepak bola SEA Games 2023 Kamboja, Kamis (4/5/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

PNOM PENH, KOMPAS.TV - Jelang lawan Timor Leste di pertandingan ketiga penyisihan Grup A cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 Kamboja, skuad Timnas U22 menjalani sesi psikologi, Jumat (5/5/2023).

Garuda Muda memulai perjuangan untuk merebut medali emas SEA Games 2023 dengan apik usai meraih kemenangan di dua laga awal.

Memulai persaingan dengan mengalahkan Filipina 3-0, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan kemudian melanjutkan performa memikat berkat kemenangan 5-0 atas Myanmar.

Hasil tersebut membuat Indonesia untuk sementara memimpin klasemen Grup A dan selangkah lagi mengunci tiket di babak semifinal.

Setelah memainkan dua pertandingan, skuad Timnas U22 Indonesia diberikan kesempatan istirahat latihan di lapangan.

Namun, para pemain masih harus menjalani program yang diberikan oleh pelatih Indra Sjafri yakni sesi psikologi.

Tes psikologi kepada pemain dilakukan di hotel tempat tim menginap dan dikawal oleh dua psikolog yang didatangkan langsung dari Jakarta.

"Tim psikolog hadir di Kamboja untuk membuat mereka semakin menjadi satu. Dari pertandingan ke pertandingan chemistry kami melihat mereka juga semakin membaik," kata pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri dikutip dari Antara.

Baca Juga: SEA Games 2023: Ramadhan Sananta Ingin Terus Cetak Gol untuk Timnas U22 Indonesia

Dalam sesi ini, seluruh pemain menjalani serangkaian sesi psikologi termasuk tes tulis.

Tidak hanya itu, pemain Timnas U22 Indonesia juga mendapatkan latihan relaksasi untuk menjaga potensi mental pemain.

"Hari ini kami mendapat porsi latihan pemulihan. Alhamdulillah seusai kemenangan kemarin, saat ini kondisi saya dan teman-teman tidak ada masalah," kata penjaga gawang  Ernando Ary dikutip dari laman PSSI.

Meski Timnas U22 tampil bagus dengan mencetak 8 gol dan belum kebobolan, pemain asal Persebaya Surabaya menilai masih banyak evaluasi yang harus dilakukan di tim ini.

Selain itu, Ernando juga tidak mau menganggap remeh Timor Leste yang bakal menjadi lawan selanjutnya.

Setelah menjalani sesi psikologi dan relaksasi, Timnas Garuda Muda dijadwalkan akan kembali latihan di Visakha Training Center, Phnom Penh, Sabtu (6/5/2203) Pukul 16.00 waktu setempat.

Setelah menghadapi Timor Leste pada Minggu (7/5/2023), Timnas Indonesia masih punya satu pertandingan lagi di penyisihan grup SEA Games 2023 melawan tuan rumah Kamboja hari Rabu (10/5/2023). 

Baca Juga: Pelatih Myanmar Akui Timnas U22 Indonesia Terbaik di Grup A Sepak Bola SEA Games 2023

 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x