Kompas TV olahraga sports

SEA Games 2023: Drama dan Perjalanan Panjang Perenang I Gede Siman Sudartawa Raih Emas

Kompas.tv - 8 Mei 2023, 08:38 WIB
sea-games-2023-drama-dan-perjalanan-panjang-perenang-i-gede-siman-sudartawa-raih-emas
Perenang Indonesia, Gede Siman Sudartawa, mengangkat kedua tangannya usai memenangi nomor 50 meter gaya punggung putra SEA Games ke-32 2023 di Phnom Penh, Kamboja, Minggu, 7 Mei 2023. (Sumber: AP Photo/Tatan Syuflana)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia Raya berkumandang dan bendera Merah Putih berkibar saat I Gede Siman Sudartawa meraih medali emas di nomor 50 meter gaya punggung putra pada SEA Games XXXII/2023 di Morodok Tecno National Aquatics Center, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (7/5/2023).

Kemenangan ini menjadi momen bersejarah bagi perenang asal Bali tersebut. Mengingat perjuangan panjang yang ia jalani sebelum mencapai prestasi Minggu kemarin.

Siman mengatasi rintangan demi rintangan, mulai dari kebingungan, sedih, dan kecewa saat diminta meninggalkan pemusatan latihan nasional (pelatnas) pada Oktober 2022.

Baca Juga: Update Medali SEA Games 2023: Indonesia Kejar-kejaran dengan Thailand, Tuan Rumah Masih Teratas

"Karena alasannya ketika itu tidak jelas," kata Siman mengenang masa itu, dikutip dari Antara.

Namun, ia tetap berlatih di klub bersama pelatihnya, Albert C. Susanto, yang juga sempat dikeluarkan dari pelatnas.

Kesempatan Siman untuk kembali ke pelatnas datang saat seleksi nasional (seleknas) digelar Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) pada 21-24 Februari 2023.

Baca Juga: I Gede Siman Dicoret Dari Pelatnas Sea Games 2023

Dalam waktu singkat, Siman berhasil memperlihatkan kebolehannya dan kembali bergabung dengan tim renang Indonesia untuk SEA Games 2023.

Meski dengan persiapan yang terbatas, hanya dua bulan sebelum SEA Games, Siman tidak menjanjikan hasil apapun kepada PB PRSI.

"Durasi yang singkat dan kurang ideal," kata Siman.


 

Medali emas yang diraihnya di Kamboja menjadi bukti bahwa Siman masih menjadi perenang terbaik Indonesia, khususnya di nomor 50 meter gaya punggung putra.

Baca Juga: Klasemen Medali SEA Games 2023 Kamboja: Tambah 8 Emas, Indonesia Berada di Posisi Ketiga

Emas di Kamboja merupakan tambahan ke koleksi medali Siman sepanjang kariernya di SEA Games.

Koleksi 17 medali yang telah ia raih sejak debut SEA Games 2011 hingga kini, mencakup delapan emas, enam perak, dan tiga perunggu, menunjukkan bahwa ia adalah atlet yang tangguh dan gigih.

Siman pertama kali tampil di SEA Games XXVI/2011 di Jakarta-Palembang dan sejak itu tak pernah absen menyumbang medali untuk Indonesia.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x