Kompas TV olahraga sports

Sejarah! Timnas Basket Putri Indonesia Dipastikan Raih Medali Emas SEA Games 2023

Kompas.tv - 13 Mei 2023, 21:11 WIB
sejarah-timnas-basket-putri-indonesia-dipastikan-raih-medali-emas-sea-games-2023
Dua pebasket putri Indonesia Kimberley Pierre Louis (kanan) dan Agustin Elya G Retong (ketiga kanan) beraksi di SEA Games 2023. (Sumber: Antara Foto/ M Agung Rajasa)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Sejarah berhasil diciptakan oleh Timnas Basket Putri Indonesia di ajang SEA Games 2023. Srikandi Indonesia dipastikan akan meraih medali emas di ajang olahraga dua tahunan antar negara ASEAN untuk pertama kalinya. 

Kepastian itu didapat setelah skuad Merah Putih mencatatkan kemenangan kelima dengan mengalahkan tuan rumah Kamboja dengan skor 100-54 di Morodok Techo Indoor Sports Center, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023) petang WIB.

Ini merupakan kemenangan kelima Timnas Basket Putri Indonesia di SEA Games 2023. 

Baca Juga: SEA Games 2023: Pemain Timnas Basket Indonesia Tersengat Tomcat, Keluhkan Fasilitas Penginapan Buruk

Lewat kemenangan itu juga, Dyah Lestari dan kawan-kawan kokoh di puncak klasemen dengan raihan 10 poin. 

Kendatipun masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Singapura, Minggu (14/5) besok, secara hitungan poin Merah Putih sudah tak terkejar.

Penanggung Jawab Timnas Basket Putri Indonesia, Christopher Tanuwidjaja, mengaku kehabisan kata-kata dengan prestasi yang diraih oleh tim arahan pelatih Chin-Wen Lin tersebut. 

"Saya bingung mau berbicara apa, karena kali pertama meraih medali emas. Hanya satu kata 'bangga'. Kami sudah bekerja keras dalam beberapa SEA Games terakhir. Perjalanannya panjang," kata Penanggung Jawa Timnas Basket Putri Christopher Tanuwidjaja dikutip dari Antara, Sabtu (13/5).

"Dari SEA Games 2019 di Manila kami mendapat perunggu. Kemudian tahun lalu, mendapat perak di SEA Games 2021 di Vietnam. Sekarang dapat emas dan emasnya bukan emas biasa. Tapi emas sempurna karena semua tim besar sudah kalah sama kami."

Pesaing terdekat Indonesia adalah Malaysia yang telah mengoleksi 9 poin (4 menang 1 kalah) dan Filipina (3 menang 1 kalah). 

"Pun kalau misal kami kalah pada pertandingan terakhir melawan Singapura, artinya kami meraih lima kemenangan dan satu kali kalah. Malaysia dan Filipina sudah kalah satu kali. Dan bila sama, kita menang head to head karena kedua tim tersebut sudah kami kalahkan. Jadi sudah dipastikan kita juara," ujar Christopher.

Baca Juga: Update SEA Games 2023: Timnas Basket 3x3 Putri Indonesia Raih Perunggu

Namun, skuad Timnas Basket Putri Indonesia ingin menuntaskan turnamen dengan catatan sempurna. 

"Tinggal satu lagi melawan Singapura. Tidak meremehkan, tapi harusnya kita bisa ambil kemenangan besok.Tidak pernah dalam sejarah tim basket putri Indonesia mendapat emas dengan kondisi emas sempurna. Jadi benar-benar bangga sekali," ujar Christopher.
 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x