Kompas TV olahraga sepak bola

Ditanya soal Bonus untuk Timnas di SEA Games 2023, Erick Thohir: Juara Dulu, Baru Bicara Bonus

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 21:50 WIB
ditanya-soal-bonus-untuk-timnas-di-sea-games-2023-erick-thohir-juara-dulu-baru-bicara-bonus
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendukung Timnas U22 Indonesia di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, dalam laga semifinal SEA Games 2023 kontra Vietnam, Sabtu (13/5/2023). (Sumber: Antara Foto)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan Timnas U22 Indonesia akan mendapatkan bonus bilamana berhasil membawa pulang medali emas dari SEA Games 2023.

Laga final itu dijadwalkan akan berlangsung di Olympic Stadium Phnom Penh, Selasa (16/5/2023).

"Jangan tanya bonus dulu. Juara dulu, baru bicara bonus. Pasti ada, tapi fokus dulu. Jangan bonus-bonus dulu, nanti malah nggak fokus," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Kompleks Morodok Techo International Stadium, Phnom Penh, Senin (15/5/2023), dikutip dari Antara.

"Saya berharap pemain fokus untuk pertandingan besok. Semoga besok meraih hasil maksimal," tambah Erick.

Diketahui, pemberian bonus bagi peraih medali emas kejuaraan multi-event selama ini diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Besaran bonus berbeda, dan khusus untuk nomor tunggal mencapai Rp500 juta.

Antara melaporkan, Menpora Dito Ariotedjo sempat mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk menaikkan besaran bonus bagi peraih medali di SEA Games 2023 Kamboja.

Baca Juga: Timnas Indonesia Terakhir Raih Emas di SEA Games 1991, Indra Sjafri: Kami Siap Berikan yang Terbaik

Sebagai informasi, Timnas sepak bola Indonesia terakhir kali mendapatkan medali emas pada SEA Games 1991 Manila atau 32 tahun yang lalu.

Dikutip dari Tribun News, kala itu, skuad Garuda yang ditukangi pelatih asal Uni Soviet (sekarang Rusia), Anatoli Polosin, berhasil menumbangkan Thailand dalam laga puncak.

Melalui duel ketat, Timnas Indonesia keluar sebagai pemenang lewat babak adu penalti 4-3, setelah bermain imbang 0-0.

Pemain timnas di era itu, Robby Darwis, mengatakan, kunci kemenangan kala itu ada empat, dua di antaranya adalah mental dan mengontrol emosi.

"Mental bermain, kontrol emosi, tetap bermain seperti gaya sendiri tidak terpengaruh permainan lawan, lebih sabar lagi," ujar Robby, Senin, dikutip dari Tribunnews.

Pria berusia 58 tahun itu menyebut Rizky Ridho dan kawan-kawan harus bisa memainkan perannya sebaik mungkin jika ingin merebut medali emas di final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja.

"Kalau melihat permainan, nggak begitu jauh, sama juga, tergantung ke mental dan kepintaran, tergantung taktik dan strategi juga," tutur Robby.

Baca Juga: Enam Perak dan Dua Perunggu, Wushu Indonesia Raih Juara Umum SEA Games 2023


 

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x