Kompas TV olahraga sepak bola

GBK Dipakai Konser, JIS Tak Layak, Pengamat Sebut Tak Masalah jika Piala Dunia U17 Tidak di Jakarta

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 19:48 WIB
gbk-dipakai-konser-jis-tak-layak-pengamat-sebut-tak-masalah-jika-piala-dunia-u17-tidak-di-jakarta
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, reservasi hotel di sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK) hampir penuh menjelang konser band Coldplay pada 15 November 2023. (Sumber: Sekretariat Presiden)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat sepak bola Anton Sanjoyo tak terlalu mempermasalahkan apabila Piala Dunia U17 2023 tidak dipertandingkan di Jakarta.

Seperti diketahui, FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 yang diselenggarakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah ini terbilang mendadak dan tiba-tiba. Apalagi sebelumnya Merah Putih juga nyaris disanksi FIFA karena batal menyelenggarakan Piala Dunia U20 2023.

Dengan penunjukan yang mendadak ini, Indonesia pun berupaya untuk mengejar persiapan sebagai tuan rumah, salah satunya mempersiapkan venue.

Bisa dibilang, untuk venue, Indonesia siap karena sebelumnya memiliki enam stadion yang sudah disiapkan untuk Piala Dunia U17.

Keenam stadion tersebut adalah Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Denpasar).

Namun, polemik muncul saat penyelenggaraan Piala Dunia U17 ini berbarengan dengan jadwal konser Coldplay yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Jakarta International Stadium (JIS) pun muncul sebagai opsi. Akan tetapi, stadion berkapasitas 82.000 penonton itu dinilai belum sesuai dengan standar FIFA terkait keamanan.

Jakarta pun terancam tidak bisa menggelar pertandingan Piala Dunia U17 2023.

Terkait hal ini, Anton Sanjoyo menilai tak masalah apabila Jakarta tidak mempertandingkan laga Piala Dunia U17.

Baca Juga: Opsi JIS sebagai Venue Piala Dunia U17, Arya Sinulingga: Jangan Dibawa ke Ruang Politik

Selain karena penunjukan yang mendadak, kota-kota lain juga lebih siap untuk menjadi venue Piala Dunia U17.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x