Kompas TV olahraga sports

ANOC World Beach Games Bali 2023 Batal, Anggaran Pemerintah Disebut Tidak Cair

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 00:40 WIB
anoc-world-beach-games-bali-2023-batal-anggaran-pemerintah-disebut-tidak-cair
Logo World Beach Games 2023 Bali. Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) menyatakan bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) membatalkan komitmen untuk menyelenggarakan ANOC World Beach Games 2023 di Bali sehingga pesta olah raga tersebut mesti dibatalkan. (Sumber: Dok. ANOC)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LAUSANNE, KOMPAS.TV - Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) menyatakan bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) membatalkan komitmen untuk menyelenggarakan ANOC World Beach Games 2023 di Bali sehingga pesta olah raga tersebut mesti dibatalkan. ANOC mengaku tidak bisa mendadak mencari tuan rumah pengganti karena World Beach Games sedianya digelar sebulan lagi.

Majelis Umum ANOC di Bali juga dibatalkan. Namun, terkait agenda ini, organisasi yang bermarkas di Swiss itu akan menetapkan tanggal dan tempat yang baru.

Baca Juga: Menpora Dito Sebut Israel Tidak Ikut di ANOC World Beach Games 2023 Bali

"KOI menyatakan bahwa kebijakan ini diambil karena anggaran tidak dicairkan oleh pemerintah negara tersebut (Indonesia) dan tidak cukup waktu untuk menyelenggarakan Games," demikian tulis pernyataan ANOC, Selasa (4/7/2023).

"ANOC sangat kecewa dengan tindakan KOI yang membuat 100 atlet dari 100 komite olimpiade tidak bisa memenuhi ambisinya berkompetisi di (World Beach) Games."

ANOC kemudian menyampaikan permohonan maaf kepada atlet, fans, federasi-federasi internasional, dan komite-komite olimpiade terkait pembatalan ini.


ANOC mengeklaim bahwa keputusan KOI disampaikan secara tiba-tiba, setelah sebelumnya selalu menegaskan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah World Beach Games 2023.

"ANOC dan KOI bertemu dalam rapat koordinasi mingguan, terkini pada minggu lalu, dan KOI tidak pernah mengindikasikan ada masalah yang bisa menyebabkan hal seperti ini," tulis pernyataan ANOC.

Mengenai federasi, komite olimpiade, serta atlet yang bersiap untuk World Beach Games 2023, ANOC mengaku sedang menyiapkan skema kompensasi karena ditiadakannya pesta olahraga ini.

Baca Juga: Respons I Wayan Koster soal Kelanjutan Kontingen Israel di ANOC World Beach Games 2023 Bali

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x