Kompas TV olahraga sports

Daftar 11 Pemain Timnas Basket Indonesia yang Dibawa ke Pra-Kualifikasi Olimpiade di Suriah

Kompas.tv - 9 Agustus 2023, 03:05 WIB
daftar-11-pemain-timnas-basket-indonesia-yang-dibawa-ke-pra-kualifikasi-olimpiade-di-suriah
PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) telah menetapkan daftar 11 pemain Timnas Basket Indonesia yang akan dibawa ke Suriah untuk melakuni pra-kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Keputusan ini ditetapan oleh Badan Tim Nasional (BTN) Perbasi. (Sumber: Ariya Kurniawan/Perbasi)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) telah menetapkan daftar 11 pemain Timnas Basket Indonesia yang akan dibawa ke Suriah untuk melakoni pra-kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Keputusan ini ditetapan oleh Badan Tim Nasional (BTN) Perbasi.

Ke-11 nama tersebut di antaranya adalah Marques Bolden, Yudha Saputera, Widyanta Putra Teja, serta Xavi Yonga. Perbasi juga membawa pemain baru Timnas di ajang internasional, Antoni Erga, Reza Guntara, dan Pandu Wiguna.

Manajer Timnas Basket Indonesia Jeremy Imanuel Santoso menyebut para pemain akan diterbangkan ke Suriah pada Rabu (9/8/2023) besok. Timnas Basket Indonesia sendiri dibersamai Milos Pejic sebagai pelatih kepala dan Yohannis Winar serta Wahyu Widayat Jati selaku asisten.

Jeremy menyampaikan, skuad Timnas Basket Indonesia akan diterbangkan ke Lebanon lalu melakoni perjalanan darat menggunakan bus ke Damaskus, Suriah.

"Perjalanan darat kurang lebih dua jam. Estimasinya para pemain akan sampai di Lebanon jam 9 malam," kata Jeremy dalam rilis yang diterima Kompas TV, Selasa (8/8/2023).

"Ini kompetisi penting untuk kita," lanjutnya.

Baca Juga: Laga International Basketball Invitational 2023: Indonesia Kalah dari Suriah 76-82

Pra-kualifikasi di Suriah sendiri adalah langkan pertama Timnas Basket Indonesia menuju Olimpiade Paris 2024. Apabila menang, Timnas Indonesia berhak mengikuti babak kualifikasi Olimpiade sebagai perwakilan Asia.

Jeremy menyampaikan bahwa skuad yang dibawa ke Suriah adalah pemain terbaik yang ada mengingat banyaknya pebasket yang cedera. 

"Banyak pemain alami cedera dan beberapa ada yang halangan karena alasan personal. Pemain dengan status cedera seperti Agassi Goantara, Arki Dikania Wisnu, Andakara Prastawa, Brandon Jawato, dan Vincent Kosasih sedang jalani operasi lasik," kata Jeremy.

"Kemudian ada beberapa pemain sedang ada kegiatan personal. Jadi berhalangan hadir di Pra Kualifikasi ini. Namun dengan kondisi ini, menjadi kesempatan bagi para pemain yang sebelumnya belum dipanggil Timnas untuk ajang internasional menunjukkan diri," ujarnya.

Jeremy menambahkan, ajang ini dapat menjadi panggung pembuktian pemain-pemain yang baru dibawa ke kancah internasional.

"Ajang ini momentum pemain yang belum pernah dipanggil timnas seperti Antoni Erga, Pandu Wiguna, dan Reza Guntara untuk memberikan kontribusi dan memperlihatkan kemampuan di level internaisonal,” kata Jeremy.

Indonesia sendiri berada di Grup B pra-kualifikasi Olimpiade Paris 2024. indonesia akan bertanding melawan tuan rumah Suriah, Kazakhstan, dan Arab Saudi. Pertandingan berlangsung pada 12-20 Agustus 2023.

Daftar 11 pemain Timnas Basket Indonesia yang dibawa ke pra-kualifikasi Olimpiade

Berikut 11 pemain Timnas Basket Indonesia yang dibawa ke pra-kualifikasi Olimpiade Paris 2024 di Suriah.

  1. Yudha Saputera 
  2. Widyanta Putra Teja
  3. Antoni Erga
  4. Althof Dwi Satrio
  5. M Arighi
  6. Reza Guntara 
  7. Pandu Wiguna 
  8. Juan Laurent 
  9. Kelvin Sanjaya
  10. Hendrick Xavi Yonga
  11. Marques Bolden


Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x