Kompas TV olahraga motogp

Berita Duka! Pembalap Haruki Noguchi Meninggal akibat Kecelakaan di Sirkuit Mandalika

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 11:04 WIB
berita-duka-pembalap-haruki-noguchi-meninggal-akibat-kecelakaan-di-sirkuit-mandalika
Haruki Noguchi, pembalap Jepang yang meninggal setelah mengalami kecelakaan di Sirkuit Mandalika. (Sumber: Instagram @noguchiharuki56 )
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.TV - Dunia balap Asia kehilangan salah satu pembalap berbakat. Ia adalah Haruki Noguchi yang meninggal dunia akibat kecelakaan tragis di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Pembalap berkebangsaan Jepang ini mengalami nasib tragis dalam putaran keempat FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 yang digelar Minggu (13/8/2023).

Noguchi yang berlaga dalam kelas Asia Superbike dengan mesin 1000 cc, terjerembab di Tikungan 10. 

Kejadian ini bermula ketika motor Noguchi tersenggol bagian belakang motor pembalap Malaysia, Zaqwan Zaidi, yang tiba-tiba tergelincir.

Zaidi berhasil mengontrol motornya dan tetap di trek, namun Noguchi terjatuh.

Video yang beredar merekam momen tragis di mana kepala Noguchi tertabrak oleh pembalap yang mengikuti di belakangnya. 

Baca Juga: Daftar Harga Tiket Presale MotoGP Mandalika 2023 yang Dijual Mulai Besok, Ini Link Pembeliannya

Perlombaan dihentikan seketika dengan pengibaran bendera merah. Pembalap berusia 22 tahun itu segera diberikan perawatan medis intensif setelah kecelakaan tersebut. 

Namun pada hari ini, Kamis (17/8/2023), The Mandalika GP mengumumkan Haruki Noguchi meninggal dunia setelah tiga hari menjalani perawatan di rumah sakit. 

"Dengan sangat sedih, kami melaporkan berita duka atas meninggalnya Haruki Noguchi setelah tiga hari menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum, NTB," tulis The Mandalika GP. 

Dalam pernyataan itu dijelaskan, Noguchi mengalami cedera kritis akibat insiden di Tikungan 10 pada lap ke-4 dalam kategori balap Asia Superbike 1000 cc pada Putaran 4 FIM Asia Road Racing Championship 2023.

"Pada Putaran-4 FIM Asia Road Championship 2023 yang digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Haruki mengalami cedera kritis menyusul insiden di Tikungan 10 pada Lap ke-4 di kategori balap Asia Superbike 1000 cc."

"Terlepas dari upaya terbaik dari staf medis, Haruki meninggal karena luka-lukanya pada tanggal 16 Agustus 2023 pukul 17.40 waktu setempat," demikian bunyi pernyataan The Mandalika GP.

Dikutip dari Kompas.com, Haruki Noguchi adalah pemenang Asia Road Racing Championship Thailand dalam kelas Asia Superbike 1000 cc pada Maret 2023.

Kemenangan ini mengantarkannya berada di posisi kedua dalam klasemen kategori yang sama, dengan total poin sebanyak 105.

Baca Juga: Menpora Dito Ariotedjo Fasilitasi Mario Aji Motor Latihan 600cc di Sirkuit Mandalika


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x