Kompas TV olahraga sepak bola

Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Asia U23 2024, Pratama Arhan: Target Kita Lolos Olimpiade

Kompas.tv - 13 September 2023, 19:51 WIB
indonesia-lolos-kualifikasi-piala-asia-u23-2024-pratama-arhan-target-kita-lolos-olimpiade
Pratama Arhan melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Turkmenistan dalam kemenangan 2-0 Timnas U23 Indonesia di pertandingan Kualifikasi Piala Asia U23 2024 yang digelar di Stadion Manahan, Selasa (12/9/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas U23 Indonesia dipastikan lolos untuk pertama kalinya ke ajang Piala Asia U23 2024 usai mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0.

Dalam duel Timnas U23 indonesia vs turkmenistan yang digelar di Stadion Manahan, Selasa (12/9/2023), gol Ivar Jenner dan Pratama Arhan cukup untuk membawa Garuda Muda meraih tiket ke Qatar tahun depan.

Kemenangan ini membuat pasukan Shin Tae-yong memimpin klasemen akhir Grup K dengan poin enam.

Sementara bagi Turkmenistan, kekalahan ini membuat mereka masih harus menunggu hasil dari grup lain sebelum mendapatkan kepastian lolos ke Piala Asia U23 2024.

Pencetak gol kedua untuk Indonesia, Pratama Arhan mengatakan, pada pertandingan semalam skuad Garuda selalu mengikuti instruksi pelatih dan saling menjaga komunikasi ketika di lapangan. 

"Kuncinya adalah mengikuti instruksi pelatih, salah satunya menjaga komunikasi ketika di lapangan agar tidak ada salah paham," kata Arhan di acara Kompas Petang yang tayang hari ini Rabu (13/9).

Baca Juga: Ditemani Selebritas, Ini Momen Perdana Presiden Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung!

Selain itu, Arhan juga mengungkapkan, target Garuda muda adalah lolos olimpiade.

Artinya untuk lolos olimpiade Arhan dan kawan-kawan harus menjadi top 3 di Asia.

"Kita targetnya lolos olimipiade. Insya Allah," katanya.

"Kita saat ini kan sudah melewati dua pertandingan dengan baik, ke depannya kita (Garuda Muda) akan TC lagi untuk menguatkan kekompakan kita agar bisa mencapai target," kata Arhan.

"Harapannya, Timnas kita (Senior ataupun Junior) bisa berkembang lebih bagus lagi, terlepas siapa pun yang melatih," lanjutnya.

Dalam pertandingan semalam, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi menyempatkan datang langsung ke stadion untuk memberikan dukungan kepada pasukan Shin Tae-yong ini.

Keduanya terlihat ikut bersorak ketika Timnas U23 Indonesia bisa mencetak dua gol ke gawang Turkmenistan lewat kaki Ivar Jenner dan sundulan dari Pratama Arhan.

Seusai pertandingan, Jokowi pun mengapresiasi kemenangan yang diraih Marselino Ferdinan dan kawan-kawan yang sekaligus membuat Indonesia mencatatkan sejarah lolos untuk pertama kalinya di Piala Asia U23 2024.

"Saya datang bersama Pak Ketua PSSI, Pak Erick Thohir, untuk memberikan dukungan laga pada malam hari ini antara U23 kita, timnas kita dengan Turkmenistan dan laganya saya lihat sangat keras, saling menyerang, dan sudah kita ketahui hasilnya 2-0," kata Jokowi dikutip dari laman Presiden RI.

"Ini sejarah karena–saya diberi tahu tadi–sejak 2012 sampai sekarang kita belum pernah menang dengan Turkmenistan. Saya kira ini hadiah ulang tahunnya Pak Erick,” ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Lolos Piala Asia U23, Pratama Arhan Ungkap Kunci Kemenangan Timnas dan Target Selanjutnya!



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x